Bimtek Tata Naskah Dinas dan Kearsipan Bagi Aparatur Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta

Bimtek Tata Naskah Dinas dan Kearsipan Bagi Aparatur Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta

Dinas Lingkungaan Hidup Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan bimbingan teknis peningkatan wawasan dan ketrampilan bagi aparatur Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari, tanggal 17-18 September 2019 di ruang Kalpataru Kantor UPT Laboratorium Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Casablanka, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Bimtek ini dibuka oleh Plt. Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Yusiono A. Supalal. Yusiono menyampaikan semoga dengan bimtek ini tidak lagi ada perbedaan dalam mengonsep naskah dinas dan mengikuti standar sesuai peraturan yang berlaku.

Bimtek ini diikuti oleh perwakilan sekretaris pimpinan, sekretaris pengelah dan staf potensial di bidang administrasi pada masing-masing bidang/upt/sudin. Pada hari pertama, disampaikan materi mengenai tata naskah dinas dan prosedur pengelolaan surat yang disampaikan oleh Tarsino selaku narasumber. Sedangkan hari kedua khusus membahas mengenai klasifikasi dan tata simpan arsip serta penyusutan arsip.

Prosedur pengelolaan surat masuk, pembuatan naskah dinas, dan Prosedur Surat Keluar adalah sub sistem administrasi kearsipan daerah yang mempunyai peranan penting dalam upaya mewujudkan terciptanya tertib pengelolaan kearsipan dinamis pada semua Perangkat daerah SKPD/UKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pengelolaan kearsipan dinamis pada SKPD/UKPD dapat menjamin kecepatan,  keamanan, ketertiban dan legalitas  sekaligus menjadi  cermin kualitas kinerja Pemerintah Daerah. Prosedur Surat Masuk, Pembuatan Naskah Dinas dan Prosedur Surat Keluar yaitu suatu rangkaian kegiatan yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya, sehingga menunjukkan adanya suatu urutan, yang terdiri dari tahapan-tahapan yang jelas.

melalui kegiatan ini diharapkan seluruh aparatur Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dapat mengaplikasikan ilmu yang disampaikan oleh narasumber, sehingga tujuan untuk melaksanakan tertib administrasi di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat diwujudkan.

Share this post