Dinas LH DKI Jakarta Siapkan Tim Pendampingan Program Pengelolaan Sampah Tingkat RW

Dinas LH DKI Jakarta Siapkan Tim Pendampingan Program Pengelolaan Sampah Tingkat RW

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Komunitas Lab Tanya melakukan lokakarya pembekalan PJLP sebagai pendamping RW dalam pengurangan sampah di sumber. Lokakarya kali ini berlangsung di Kantor Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Pengendalian Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, Edy Mulyanto mengatakan PJLP dilibatkan langsung sebagai pendamping dalam pengelolaan sampah di tingkat RW. Terutama sebagai fasilitator pengurangan sampah di rumah tangga dengan kegiatan 3R, yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle di tingkat RW atau dikenal sebagai program Sampah Tanggungjawab Bersama “SAMTAMA.”

“Pengurangan sampah dimulai dari sumber yaitu di rumah tangga dengan melakukan aktifitas pemilahan sampah dan 3R,” kata Edy.

Adapun tiga strategi rumah minim sampah yang diterapkan dalam Samtama yang akan diterapkan di RW-RW se-Jakarta, antara lain :

Pertama, strategi pintu depan (prakosumsi) yang meliputi merencanakan, mengurangi, menghindari dan mencari alternatif produk agar sisa tak jadi sampah.

Kedua, strategi pintu tengah (saat konsumsi – produksi) yaitu menggunakan ulang bahan/barang dan memproduksi serta mengonsumsi secara cermat agar tak menghasilkan sampah.

Ketiga, strategi pintu belakang (pasca konsumsi – produksi) yaitu meneruskan sisa makanan konsumsi produksi atau daur ulang misal menjadi kompos.

 

Share this post