Dinas LH DKI Jakarta Terima Penghargaan Indriya Mandrawa dari LAPAN

Dinas LH DKI Jakarta Terima Penghargaan Indriya Mandrawa dari LAPAN

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta menerima Penghargaan “Indriya Mandrawa” dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Citra Satelit Penginderaan Jauh 2020 yang berlangsung di Hotel Sari Pacific Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Penghargaan tersebut diberikan Kepala LAPAN Thomas Jamaluddin dan diterima oleh Kepala Seksi Pengembangan Teknis Lingkungan dan Kebersihan Sri Mulyati mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Andono Warih.

Jakarta menerima apresiasi “Indriya Mandrawa” dari Kedeputian Penginderaan Jauh LAPAN sebagai salah satu instansi pemanfaat atas data citra satelit yang telah berperan aktif dalam penggunaan data dan informasi Penginderaan Jauh.

Penyerahan penghargaan tersebut merupakan salah satu langkah LAPAN untuk memacu penggunaan dan pemanfaatan data serta informasi satelit Penginderaan Jauh oleh stakeholder terkait.

Rakornas Citra Satelit Penginderaan Jauh tahun 2020 yang digelar LAPAN bertema “Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh Cerdas dan Inovatif untuk Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”. Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Prof. Bambang Brojonegoro. Pada kesempatan ini, Prof Bambang mengapresiasi LAPAN yang sudah menerapkan sharing facility, sharing resources untuk Kementerian/Lembaga Pemerintah di Indonesia. Melalui penyediaan data hasil citra satelit penginderaan jauh yang disediakan LAPAN untuk memenuhi kebutuhan K/L serta pemerintah daerah dapat menghemat triliunan rupiah yakni sekitar 3 (tiga) trilitun dari tahun 2015 sampai 2018. Hal ini mendukung data geospasial untuk kebijakan nasional terkait one map policy atau kebijakan data satu peta.

Share this post