Dinas LH DKI Jakarta Ukur Kualitas Udara Saat Karnaval Langit Biru

Dinas LH DKI Jakarta Ukur Kualitas Udara Saat Karnaval Langit Biru

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Karnaval Jakarta Langit Biru, Minggu (27/10). Karnaval kendaraan listrik ini untuk mengampanyekan kendaraan ramah lingkungan dalam rangka memperbaiki kualitas udara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan kualitas udara pada saat pelaksanaan kegiatan Karnaval Jakarta Langit Biru.

“Kami telah memasang Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) mobile di sekitar lokasi. Alat ini mengukur kualitas udara sehari sebelum pelaksanaan, selama pelaksanaan, dan sehari setelah pelaksanaan sebagai perbandingan,” kata dia.

Karnaval yang mengambil rute dari Patung Pemuda Bundaran Senayan – Bundaran Hotel Indonesia – Patung Pemuda Bundaran Senayan merupakan bagian dari rangkaian persiapan DKI Jakarta menjadi tuan rumah Formula E tahun depan.

Selain melakukan pemantauan kualitas udara, Dinas Lingkungan Hidup juga mengerahkan armada dan personel menangani kebersihan sebelum, selama dan setelah acara, serta menyiapkan mobil toilet portabel.

Andono menuturkan, sebanyak 5 unit bus toilet VIP, 2 unit tanki air bersih, dan 2 unit tanki air kotor dikerahkan untuk menambah sarana sanitasi yang sudah tersedia di sekitar lokasi.

“Ini untuk memastikan kenyamanan warga ibukota yang menyaksikan karnaval,” katanya.

Selain itu, ungkap Andono, 275 petugas kebersihan dan 22 unit road sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis dikerahkan untuk memastikan kebersihan lokasi.

“Kami juga meletakan ratusan tempat sampah di sepanjang rute. Masyarakat dapat meletakan sampahnya di tempat-tempat yang telah disediakan,” katanya.

Share this post