Kadis LH DKI Jakarta Hadiri Pencanangan Urban Farming Perumahan Era Mas Cakung

Kadis LH DKI Jakarta Hadiri Pencanangan Urban Farming Perumahan Era Mas Cakung

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2020, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur membuat gerakan revolusi hijau melalui urban farming (pertanian perkotaan) di setiap RW.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengajak semua pihak terus bekerjasama dalam mengajak dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang ingin mengembangkan urban farming. Termasuk, dengan mengerahkan para penyuluh pertanian.”Seperti apa yang diperintahkan Pak Gubernur, Pemprov DKI dimasing-masing wilayah akan bertindak sebagai fasilitator, kami mengintensifkan pemberian bantuan perlengkapan dan bibit untuk pengembangan pertanian perkotaan,” Andono.

Sedangkan Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar dalam sambutannya mengatakan, urban farming mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

“Kita terus kembangkan program urban farming ini secara masif di masing-masing wilayah dengan melakukan penanaman produktif, toga (tanaman obat keluraga) dan sayuran dengan memanfaatkan lahan tidur,” kata Wali Kota dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan pencanangan urban farming di Perumahan Era Mas RW 015, Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jumat (5/6/2020).

Menurutnya, permasalahan kerusakan lingkungan alam berdampak pada kesehatan yaitu wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Dengan itu, melalui urban farming dapat diyakini memenuhi kebutuhan dan gizi setiap keluarga.

“Kita akan terus lakukan penyuluhan dan pembinaan bagi warga. Utamanya, kita akan bentuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dalam memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam, sehingga berbagai tanaman yang ditanam dapat dimanfaatkan dirasakan bagi warganya, secara mandiri,” imbuhnya.

Selain itu, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur juga dirangkai dengan pemberian bantuan sebanyak dua unit gerobak sampah, dua unit gerobak motor, dan 20 unit tong komposter serta dua lembar terpal yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana penghijauan dilingkungan RW 015 Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung.

Share this post