Melihat Dari Dekat Budidaya Magot Di Kantor DLH DKI Jakarta

Melihat Dari Dekat Budidaya Magot Di Kantor DLH DKI Jakarta

 

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan sejumlah upaya untuk menangani permasalahan sampah di DKI Jakarta. Hal pertama yang ditekankan adalah pengolahan dan pemilahan sampah langsung dari sumbernya, yaitu rumah tangga.

Seperti diketahui jumlah sampah paling banyak dari rumah tangga adalah sampah organik. Jumlahnya mencapai 53% persen dari komposisi sampah di Jakarta.

Black Soldier Fly atau BSF merupakan metode pengolahan sampah organik dengan menggunakan larva (maggot) yang diletakkan pada sampah organik dengan tujuan untuk mereduksi sampah tersebut. keuntungan metode BSF, selain mengurangi masalah sampah organik, juga dapat memanfaatkan larva sebagai pakan ternak seperti ikan, burung, reptil dan unggas.

“Dinas LH saat ini sedang mengembangkan pengolahan sampah organik dapur dengan teknologi biokonversi Black Soldier Fly, Maggot. Melalui teknik ini sampah organik khususnya yang dari dapur bisa kita konversikan menjadi protein dalam bentuk pupa dari BSF. Pupa ini akan bisa kita gunakan selanjutnya untuk pakan ternak, unggas maupun ikan” ujar Andono.

Andono juga mengajak warga Jakarta untuk bersama-sama mengurangi sampah anorganik dengan menggunakan maggot. Semoga sampah di Jakarta dapat berkurang secara signifikan.

(du/dlh)

 

 

Share this post