Pemantauan Pelaksanaan PSBB Di Asrama Dinas Lingkungan Hidup Semper Jakarta Utara

Pemantauan  Pelaksanaan PSBB Di Asrama Dinas Lingkungan Hidup Semper Jakarta Utara

Pembatasan sosial berskala besar atau PSBB yang mulai berlaku di wilayah Jakarta pada Jumat (10/4/2020) ini berimbas pada aktivitas warga. Suasana sejumlah tempat di Jakarta yang biasanya ramai kini terlihat lengang dan sepi. Begitu juga aktivitas warga di Asrama Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara yang terletak di Kelurahan Semper.

Sesuai laporan dari Elshinta yang berkolaborasi dengan Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara, bahwa Kegiatan Pembatasan Social berskala besar atau PSBB membuat suasana sepi lantaran warga mengurangi aktivitas di luar dan banyak berdiam diri di rumah melakukan segala bentuk kegiatan mulai dari belajar hingga pekerjaan masyarakat atau warga selalu dihimbau menggunakan masker, mencuci tangan, di cek suhu tubuhnya dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus korona 19 yg kini masih belum ditemukan penangkal dan obatnya sehingga diperlukan pencegahan gula memutus mata rantai virus yang mudah menular itu.

Kondisi seperti ini terkadang dimanfaatkan oknum warga atau pelaku tindak kriminal untuk melakukan aksinya seperti pencurian terutama Pencurian sepeda motor, warga yang lengah atau tidak diberi keamanan maksimal di depan gerbang kompleks.

Asrama Dinas LH semper berupaya melakukan pemasangan portal yang terbuat dari pipa besi dan juga mendirikan tenda untuk memeriksa warga yang akan masuk ke Komplek mulai dari penggunaan masker, mencuci tangan hingga cek suhu tubuh tanpa kecuali bagi mereka yang akan keluar Komplek Rumah Susun dan juga warga diminta memperlihatkan kelengkapan surat kendaraan berupa SMK guna mengantisipasi keamanan kendaraan sepeda motor di kawasan yang dahulu dikenal dengan sebutan asrama atau Kompleks kebersihan.

Pemberlakuan pemeriksaan surat nomor kendaraan bermotor ini menurut ketua RT 17 RW 03 Kel semperbarat kec cilincing Jakarta Utara Irwan hamzani yang didampingi sekretarisnya dilakukan sejak kemarin setelah kepolisian memberikan himbauan untuk menjaga barang-barang milik warga yang berharga terutama kendaraan sepeda motor yang sangat rawan dicuri selama berlangsungnya pemberlakuan aturan PSBB di DKI Jakarta

Untuk itu pengurus wilayah RW 03 dan perangkat RT dari RT 01 sampai dengan RT 17 beserta tokoh masyarakat agar dapat bekerja sama dan menjalankan kesepakatan utk antisipasi keamanan warga yang keluar masuk komplek dinas lingkungan hidup secara bergantian selama 24 jam.

Sumber: Laporan Sudiono – Elshinta Jakarta

Share this post