RW 03 Kelapa Gading Timur Raih Penghargaan Kampung Proklim 2019

RW 03 Kelapa Gading Timur Raih Penghargaan Kampung Proklim 2019

Rukun Warga 03 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara, menjadi satu-satunya perwakilan Provinsi DKI Jakarta yang meraih penghargan Kampung Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Rencananya, penghargaan akan diserahkan saat puncak kegiatan Festival Iklim 2019 di Hotel Century, Selasa (1/10) besok.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Slamet Riyadi mengatakan, dari ratusan utusan berbagai pemerintah daerah yang menjadi peserta, RW 03 Kelapa Gading Timur menjadi salah satu penerima penghargaan. Raihan ini merupakan kebanggaan bagi warga Jakarta Utara.

“Yang dapat penghargaan cuma 18 Provinsi. Kita dari Jakarta Utara sebenarnya juga mengirim RW 05 Rawa Badak Selatan dan RW 01 Rorotan,” katanya, Senin (30/9).

Menurut Slamet, raihan penghargaan bagi RW 03 Kelapa Gading Timur itu lantaran dinilai tingginya partisipasi warga dalam berbagai program lingkungan, seperti bank sampah, penghijauan, pengurangan sampah dan pemanfaatan pekarangan untuk penghijauan.

Selama ini, kata Slamet, pihaknya sudah melakukan pembinaan dan memberikan bantuan alat, khususnya di bidang komposting serta bank sampah.

“Salah satu inovasi yang menarik adalah menabung di bank sampah bisa dikonversi menabung emas kerjasama dengan Pegadaian,” ujarnya.

Selain RW 03 Kelapa Gading Timur, prestasi di bidang lingkungan hidup juga ditorehkan Bank Sampah Majelis Taklim Koja, menerima penghargaan karena inovasinya mengubah sampah atau limbah plastik menjadi conblock. Selain itu, bank sampah tersebut juga dinilai aktif dan memiliki berbagai inovasi program mengembangkan pengurangan sampah.

“Penghargaannya dari Kementerian Pedesaan dan Daerah Tertinggal. Diserahkan pekan lalu di Bengkulu,” tandasnya.

sumber:beritajakarta.com

Share this post