Selama Musim Hujan, DLH DKI Jakarta Siaga Kiriman Sampah

Selama Musim Hujan, DLH DKI Jakarta Siaga Kiriman Sampah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Andono Warih mengatakan pihaknya siaga menghadapi sampah kiriman akibat hujan di daerah sekitar Jakarta.

Pihaknya sudah mengantisipasi kesiapan penanganan sampah di musim hujan dengan menyiagakan satgas penanganan sampah. Di setiap lokasi rawan tumpukan sampah ditempatkan petugas untuk memantau perkembangan situasi.

“Ketika terjadi tumpukan sampah, selain petugas yang ada di ruas tersebut, maka personel dan armada tambahan akan segera bergerak ke lokasi itu. Kita siaga 24 jam,” kata Andono Warih, Rabu (9/10/2019).

Diungkapkannya, personel yang disiagakan sebagai satgas penanganan sampah di musim penghujan berkekuatan 4.000 orang dari UPK Badan Air.

Sementara itu, sarana yang disiagakan terdiri dari 44 pickup angkut sampah, 50 truk sampah, 5 excavator jenis spider, 6 excavator long arm, 20 excavator jenis biasa serta 1 excavator liebher.

“Seluruh armada ini didampingi oleh 23 orang petugas mobilisasi dan 12 orang petugas mekanik. Sehingga armada ini selalu siap dioperasikan kapan saja untuk mengangkut sampah-sampah kiriman akibat hujan deras,” ujar Andono Warih.

Seperti diketahui, hujan deras yang melanda Bogor, Depok dan Jakarta telah membawa sampah kiriman ke Jakarta tadi malam.

Melihat banyak sampah kiriman, Dinas Lingkungan Hidup DKI sejak tadi malam sampah di Pintu Air Manggarai meningkat. Lebih dari 322 meter kubik sampah sudah berhasil diangkat. Sampah tersebut dikirim ke TPST Bantargebang menggunakan 7 rit truk sampah typer besar dan 11 rit typer kecil.

Juga membersihkan sampah kiriman di Kali Ciliwung BKB Season City. Di lokasi ini sejak semalam berhasil diangkat sampah sebanyak 72 meter kubik sampah dengan menggunakan excavator long arm dan excavator spider. Sampah tersebut dikirim ke TPST Bantargebang menggunakan tiga rit truk sampah typer besar.

 

sumber: https://www.beritasatu.com/megapolitan/579015/selama-musim-hujan-dinas-lingkungan-hidup-siaga-kiriman-sampah?fbclid=IwAR2lKeEG27-buH0nbtRZXz8NaGXw9zTtHOIKWFx2FEWnREIm78fmNkjLq4s

Share this post