Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Tema tahun ini adalah #TimeForNature yang menyerukan tindakan segera untuk melindungi keanekaragaman hayati. Walaupun Sobat Ijo tinggal di kota yang penuh bangunan, hari ini coba perhatikan keanekaragaman flora dan fauna di sekelilingmu.
Lihat langit hari ini, dengarkan apakah ada kicau burung. Di sungai yang mengalir membelah Jakarta, perhatikan apakah ada ikan yang berenang atau capung yang beterbangan dekat sungai. Adakah kupu-kupu yang berwarna eksotik atau tupai yang berloncatan di antara pepohonan?
Selain yang bisa kamu lihat, banyak sekali mikroorganisme yang tak kasat mata di sekelilingmu, seperti bakteri dan virus. Bermacam wabah seperti COVID-19 yang kita alami saat ini berkaitan erat dengan kerusakan tatanan keanekaragaman hayati.
Manusia telah mengubah 75% daratan dan 66% lautan di Bumi ini. Akibatnya habitat alami hancur dan patogen berpindah dari inang alami mereka ke populasi manusia. Terjadi peningkatan kasus malaria, SARS, Ebola, dan flu burung di dunia. Kita diingatkan bahwa COVID-19 bukan pandemi global pertama dan kemungkinan bukan yang terakhir.
Hari ini juga spesial karena dimulai sebagai transisi kembalinya kesibukan warga setelah mulai redanya pandemi COVID-19 di Jakarta. Ekonomi Jakarta sangatlah penting, namun jangan lupakan ekosistem kota kita tercinta.
Pemulihan massal ekosistem dapat membangun kembali fungsi pendukung kehidupan, misalnya udara, air, dan tanah yang sehat. Pengurangan polusi udara dan timbulan sampah selama PSBB telah menunjukkan kepada kita bahwa suatu hal yang mungkin untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik dan sehat.
Saatnya bebenah mengembalikan geliat ekonomi di Jakarta, tentunya dengan semangat dan tata cara baru. Waktunya pula kita memperbaiki cara hidup kita supaya lebih memperhatikan lingkungan hidup agar kita tidak kembali mengalami pandemi lainnya.
Prinsip pembangunan yang berkelanjutan menjadi kunci perbaikan kualitas lingkungan di Jakarta. Bersama kita bisa berinisiatif untuk memulihkan hubungan antara manusia dan alam.
Pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, perhatikan bagaimana semua makhluk hidup di Bumi terhubung dalam jaringan kehidupan dan apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki hubungan itu.
Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia!

 

Share this post