Tidak Ada Minuman Botol Plastik di Kemenkeu

Tidak Ada Minuman Botol Plastik di Kemenkeu

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mulai menggalakkan program diet¬†plastik di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Hal itu dilakukan dengan tidak menggunakan botol minuman plastik di kantornya. “Di kantor saya, di gedung kita, itu sudah tidak ada lagi minuman botol plastik,” katanya di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Langkah ini pun harus diikuti oleh seluruh kantor pejabat Eselon I Kemenkeu. Hal ini sebagai kepedulian pada laut Indonesia, yang sudah menjadi terkotor kedua di dunia karena sampah plastik.

“Saya harap di semua Eselon I enggak ada yang menggunakan botol plastik lagi, kalau masih ada tolong laporkan ke saya,” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah juga sudah mewacanakan pengenaan cukai pada plastik. Hal itu bertujuan untuk mengurangi konsumsi plastik juga sampah plastik di Indonesia.

Kendati demikian, regulasi ini masih saja belum ada kejelasan hingga saat ini. Sri Mulyani menyatakan pembahasan cukai plastik masih terus dilakukan di internal Kemenkeu.

‘”Kita akan usahakan nanti sesuai dengan UU APBN yang sudah mengamanatkan,” ujarnya.

Menurutnya, Direktorat Jenderal Bea Cukai akan menyusun formulasinya dengan ketentuan yang berlaku. “Formulasinya akan dilakukan dengan peraturan perundang-undangan di bawahnya. Jadi kita akan lihat apakah itu membutuhkan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) untuk melaksanakan itu,” jelas dia.

Kendati demikian, dirinya tak bisa memastikan apakah kebijakan cukai plastik bisa diterpakan pada tahun ini. “Nanti akan kita coba lihat bagaimana kecepatan dalam penyelesaian peraturannya,” tutup Sri Mulyani.

sumber: https://economy.okezone.com/read/2019/05/08/20/2053096/sri-mulyani-tidak-ada-minuman-botol-plastik-di-kemenkeu

 

Share this post