Warga RW.003 Asrama Dinas LH DKI Jakarta Unit Semper Barat Kreasi Daur Ulang Galon Air Bekas Jadi Media Tanam

Warga RW.003 Asrama Dinas LH DKI Jakarta Unit Semper Barat Kreasi Daur Ulang Galon Air Bekas Jadi Media Tanam

JAKARTA- Ibu PKK RW.003 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara berkreasi daur ulang. Sejumlah warga RW.003 ikut berpartisipasi dalam mempercantik daur ulang tersebut dengan memanfaatkam galon bekas air mineral menjadi pot tanaman dalam menjaga lingkungan dari sampah plastik.

Galon-galon yang disedekahkan dari Satpel Lingkungan Hidup Kecamatan Pademangan ke Asrama Dinas LH DKI unit Semper Barat diterima oleh pengelola sedekah sampah. Masjid An Nazhofah kemudian berkolaborasi dengan Bank Sampah Cilincing Indah dan pengurus Asrama Dinas LH unit Semper Barat Kec.Cilincing Jakarta Utara.

Ketua Asrama Dinas LH unit Sj   emper Barat Muhammad Yusuf mengatakan bagi pengunjung asrama dapat ikut tertular untuk mendaur ulang sampah seperti yang dilakukan oleh warga Asrama Dinas LH DKI unit Semper Barat. Berkonsep pengecatan Orange Hijau sesuai dengan seragam yang dikenakan oleh pasukan Orange Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Warga Asrama RW.003 unit Semper Barat mengoptimalkan pengurangan sampah dengan memanfaatkan bekas galon air mineral. Tak sekedar membuat pot tanaman dari bahan galon air mineral bekas, Asrama Dinas Lingkungan Hidup unit Semper Barat dalam menghadapi Pandemi Covid-19 memfungsikan Bank Sampah yang memiliki nilai ekonomis.

Operasional Lingkungan Hidup Kecamatan Cilincing Junaedi menerangkan beberapa jenis sampah dari warga dapat dijemput untuk diantarkan ke Bank Sampah Cilincing Indah. Kuncinya ada di kolaborasi warga. Warga bergerak bersama-sama untuk berupaya menciptakan lingkungan yang bersih dan ketahanan lingkungan.

Pelestarian Lingkungan dengan memanfaatkan galon bekas air mineral merupakan upaya warga Asrama Dinas LH membiasakan menanam pohon  dengan cara traditional maupun modern seperti dengan media tanaman galon bekas air mineral. Media tanaman dengan galon air mineral bekas juga dihadirkan pada sejumlah kediaman warga di depan rumah atau gang.

“Harapan kami sebagai fasilitator yaitu warga Asrama Dinas LH DKI unit Semper Barat dapat terus memelihara tanaman-tanaman ini. Menata Lingkungan dengan inovasi-inovasi yang dikembangkan lagi,’’tutupnya.

Share this post