BeritaJakarta BerketahananKegiatan

Pertemuan Perdana Forum Energi

sebagai upaya penghematan energi di Jakarta

Jakarta, 24 Januari 2019

Tim Jakarta Berketahanan menerima undangan terkait “Pertemuan Perdana Forum Energi” oleh Kedeputian Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Forum ini bertujuan untuk membahas perkembangan inisiatif dan praktik penghematan konsumsi energi di DKI Jakarta.

Pertemuan ini dihadiri oleh beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Provinsi DKI Jakarta seperti Dinas Perindustrian dan Energi (DPE) dan Dinas Lingkungan Hidup; akademisi (diwakili oleh Sekolah Tinggi Teknik Perusahaan Listrik Nasional/STT-PLN); PT Transjakarta; dan beberapa lembaga lain yang bergerak di isu energi terbarukan dan perbaikan lingkungan seperti Indonesian Institute for Energy Economics (IIEE), Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), ICLEI Indonesia, dan Majelis Ulama Indonesia Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup Sumber Daya Alam (MUI LPLH SDA).

Dalam forum ini, terdapat beberapa paparan dari DPE Provinsi DKI Jakarta tentang Monitoring Penghematan Energi pada Gedung Pemerintah Daerah, IIEE tentang Rencana Implementasi Energi Baru Terbarukan (EBT) dan Duta Energi di DKI Jakarta, STT-PLN tentang Peranan Warga Untuk Meningkatkan Efisiensi Energi dan Pengembangan Energi Terbarukan, dan PT Transportasi Jakarta tentang Uji Coba Bus Listrik Transjakarta.

DPE Provinsi DKI Jakarta menjelaskan mengenai Monitoring Penghematan Energi pada Gedung Pemerintah Daerah. DPE telah melakukan audit energi gedung pemerintahan ditujukan untuk mengukur tingkat penghematan energi pada gedung pemerintahan. Instrumen hukum yang mendukung penghematan energi pada gedung milik pemerintah sudah ada, misalnya UU No. 30 Tahun 2007 tentang Energi dan Pergub No. 156 Tahun 2012 tentang Penghematan Energi dan Air. Selain itu, DPE Provinsi DKI Jakarta melaporkan beberapa upaya dan sosialisasi yang telah dilakukan dalam penghematan energi di Jakarta.

Selanjutnya, IIEE memaparkan beberapa program dalam upaya penghematan energi melalui sosialisasi pendidikan di sekolah salah satunya Program Duta Energi. Program ini mendukung target pemerintah dalam bauran energi terbarukan, konservasi energi, dan kebijakan Bangunan Gedung Hijau di DKI Jakarta. Rencana Program Duta Energi dibagi menjadi 2 yaitu program kesadaran efisiensi energi dan konservasi energi di sektor pendidikan serta pemanfaatan energi solar terbarukan melalui penerapan surya atap

Paparan selanjutnya ialah STT PLN yang menjelaskan tentang mengembangkan konsep Listrik Kerakyatan (LK) untuk warga dengan sumber Energi bersih yang tersedia di sekitar warga: SURYA, ANGIN, SAMPAH. Energi berbahan dasar dari sampah menjadi prioritas karena sekaligus bisa menjawab permasalahan sampah perkotaan. Untuk itu, konsep LK melalui TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) memberikan manfaat ganda: mengurangi beban TPA dan frekuensi truk sampah serta membuka puluhan ribu peluang usaha bagi UMKM. TOSS sudah diimplementasikan di kabupaten bersama dengan PT Indonesia Power yang telah berhasil meraih Proper Emas dan top 40 pelayanan publik untuk Kabupaten Klungkung.

Kemudian dilanjutkan PT Transportasi Jakarta mengenai Uji Coba Bus Listrik. Saat ini, PT Transportasi Jakarta tengah melakukan uji coba bus listrik sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Dalam pelaksanaannya, PT Transportasi Jakarta menggandeng beberapa institusi akademis (perguruan tinggi) dan perusahaan manufaktur baik dalam maupun luar negeri.

Berikut bahan paparan yang disampaikan dalam forum energi

1.  Paparan oleh Dinas Perindustrian dan Energi (DPE) Provinsi DKI Jakarta dalam Forum Energi DKI Jakarta, 24 Januari 2019.

Link: Monitoring Penghematan Energi pada Gedung Pemerintah Daerah

2.  Paparan oleh Indonesian Institute for Energy Economics (IIEE) dalam Forum Energi DKI Jakarta, 24 Januari 2019.

 Link : Rencana Implementasi Energi Baru Terbarukan (EBT) dan Duta Energi di DKI Jakarta

3. Paparan oleh Rektor Sekolah Tinggi Teknik Perusahaan Listrik Negara (STT-PLN) dalam Forum Energi DKI Jakarta, 24 Januari 2019.

Link : Peranan Warga Untuk Meningkatkan Efisiensi Energi dan Pengembangan Energi Terbarukan

4.  Paparan oleh PT Transportasi Jakarta dalam Forum Energi DKI Jakarta, 24 Januari 2019.

Link : Uji Coba Bus Listrik Transjakarta

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com