BeritaJakarta BerketahananKliping

3 Dipo Sampah Akan Dibangun di Jakarta Utara

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara akan membangun dipo sampah ramah lingkungan di Waduk Cincin, Rawa Badak Utara, dan Kelapa Gading. Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara Slamet Riyadi mengatakan, tiga dipo sampah itu dalam proses perencanaan dan ditargetkan mulai dibangun tahun ini.

“Pembangunan ketiga dipo sampah ramah lingkungan itu membutuhkan biaya sekitar Rp 9 miliar. Mudah-mudahan prosesnya lancar sehingga tahun ini ketiga dipo sampah tersebut bisa segera dibangun,” kata Slamet dalam siaran pers, Rabu (27/2/2019). Slamet menjelaskan, ketiga dipo sampah ramah lingkungan mempunyai fitur pengolahan sampah, composting, bank sampah, dan 3R (reuse, reduce, recycle).

“Ketiga dipo sampah itu akan intensif mengolah sampah sehingga mampu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPST Bantargebang di setiap harinya,” ujarnya.  Slamet menuturkan, dipo Rawa Badak Utara akan dibangun di atas lahan seluas 1.300 meter persegi di Jalan Inspeksi Sunter RW 009 Kelurahan Rawa Badak Utara. Sementara itu, dipo Kelapa Gading akan menempati lahan seluas seluas 1.600 meter persegi di Jalan Inspeksi Kali Sunter RW 006 Kelurahan Kelapa Gading Barat. Dipo Waduk Cincin akan dibangun di atas lahan seluas 1.600 meter persegi di wilayah Kelurahan Papanggo. Sebelumnya, dipo sampah ramah lingkungan sudah didirikan di kawasan Koja, Jakarta Utara dan telah beroperasi sejak Jumat (14/12/2019).

Artikel ini telah dipublikasikan di https://megapolitan.kompas.com/read/2019/02/27/20011361/3-dipo-sampah-akan-dibangun-di-jakarta-utara pada 27 Februari, 2019.

Oleh: Ardito Ramadhan, Kompas

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com