BeritaDokumenJakarta BerketahananKegiatanProdukPublikasi

Indikator dan Arahan Strategi Ketahanan Kota Jakarta

Strategi Ketahanan Kota Jakarta bertujuan untuk mendukung perwujudan Jakarta dan daerah metropolitan penunjangnya (Jabodetabek) sebagai kawasan perkotaan yang berketahanan. Hal ini berarti Metropolitan Jakarta siap dalam menghadapi tekanan dan guncangan yang dialami, serta mampu beradaptasi pada dinamika kehidupan perkotaan yang terjadi, yang tentunya mempertimbangkan kapasitas sumber daya dan posisi strategis Jakarta sebagai metropolitan dan ibukota negara Indonesia.

Adapun terdapat empat tujuan rinci dari penyusunan Strategi Ketahanan Jakarta ini, yaitu:

  • Jakarta sebagai Pusat Pembelajaran (Centre of Excellence) Kota Berketahanan
  • Strategi Ketahanan Kota Jakarta Berbasis Isu
  • Strategi Ketahanan Kota Jakarta sebagai Ruang untuk Berkolaborasi
  • Strategi Ketahanan Kota Jakarta sebagai Masukan bagi Perencanaan Kota

Visi dari Jakarta dalam mewujudkan Kota Berketahanan adalah:

 “Jakarta berketahanan yang menyediakan kesempatan setara bagi seluruh warganya untuk hidup aman, sehat, sejahtera, dan bahagia melalui pelayanan publik dan inovasi

Untuk menjawab visi tersebut, dirumuskanlah 3 (tiga) pilar utama Ketahanan Kota Jakarta yaitu Jakarta SIAP, Jakarta SEHAT, dan Jakarta TERHUBUNG. Didalam setiap pilar terdapat beberapa indikator serta arahan strategi yang harus dilaksanakan guna mewujdukan Jakarta yang berketahanan.

Jakarta SIAP
Jakarta SIAP yaitu mewujudkan masyarakat di DKI Jakarta yang siap siaga terhadap berbagai tekanan dan guncangan yang dihadapi, termasuk risiko terhadap bencana dan dampak dari perubahan iklim. Jakarta yang siap dapat terlihat dari kapasitas yang memadai dari semua pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam menghadapi berbagai tekanan dan guncangan.

Jakarta SEHAT
Jakarta SEHAT merupakan upaya untuk menciptakan kondisi masyarakat dan lingkungan perkotaan yang sehat dengan menjamin akses terhadap pelayanan air bersih, air limbah, dan pengelolaan persampahan yang berkelanjutan bagi semua.

Jakarta TERHUBUNG
Jakarta TERHUBUNG adalah keterpaduan layanan transportasi umum maupun aksesibilitas bagi semua lapisan masyarakat.

 

Indikator dan Arahan strategi Ketahanan Kota
Tautan Unduhan : arahan strategi

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com