BeritaJakarta BerketahananKegiatan

Rapat dengan Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Setda Provinsi DKI Jakarta terkait Rancangan Peraturan Gubernur (Rapergub) tentang RAD API

Membahas Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD API) di DKI Jakarta unttuk Jakarta yang lebih Berketahanan

Jakarta, 11 Oktober 2019.

Pada Hari Jumat, 11 Oktober 2019 Sekretariat Jakarta Berketahanan memenuhi undangan Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (Biro PKLH) Setda Provinsi DKI Jakarta yang turut dihadiri oleh Dinas LH Provinsi DKI Jakarta; Dinas Bina Marga (DBM) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, DSDA Provinsi DKI Jakarta, Dinas CKTRP Provinsi DKI Jakarta, Dinas PRKP Provinsi DKI Jakarta, Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, serta CERIndonesia.

Rapat ini bertujuan untuk membahas Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD API) di DKI Jakarta serta Rancangan Peraturan Gubernur (Rapergub) tentang RAD API. Rapat ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Kegiatan Strategis Daerah (KSD) di Bulan ke-11 terkait penyusunan RAD API dan Rapergub RAD API.

Target dari RAD API di DKI Jakarta adalah mengurangi indeks sensitivitas dan kerentanan wilayah terhadap perubahan iklim serta meningkatkan indeks kapasitas wilayah terhadap perubahan iklim.

DKI Jakarta telah merasakan dampak perubahan iklim yang cukup besar dengan meningkatnya suhu di DKI Jakarta sebesar 3°C yang meningkatkan kerentanan penduduk terhadap penyakit, bencana, dan mengurangi kualitas lingkungan hidup. Hal ini ditunjukkan dengan hasil proyeksi kerentanaan daerah Provinsi DKI Jakarta yang meningkat jika dibandingkan dengan kondisi DKI Jakarta pada tahun 2011. Diperlukan upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan meningkatkan proses adaptasi DKI Jakarta terhadap perubahan iklim.

Berbagai SKPD/UKPD Pemprov DKI Jakarta juga telah melakukan berbagai upaya dalam menghadapi dampak perubahan iklim. Dinas LH Provinsi DKI Jakarta telah memetakan bahwa setidaknya terdapat 17 program di DKI Jakarta yang telah berkontirbusi dalam mengurangi dapak perubahan iklim di DKI Jakarta. Meskipun demikian, diperlukan sebuah panduan khusus untuk meningkatkan kapasitas Pemprov DKI Jakarta dalam menghadapi perubahan iklim.

Aspek perubahan iklim sendiri telah menjadi salah satu fokus di dalam Strategi Ketahanan Kota Jakarta. Implementasi dan penyusunan RAD API akan dapat membantu Jakarta menjadi kota yang lebih SIAP dan SEHAT.

Paparan Dinas LH Provinsi DKI Jakarta pada rapat ini: Paparan RAD API 11 okt 2019

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com