BeritaJakarta BerketahananKliping

Atasi Sampah, Dinas LH DKI Kerja Sama dengan BPBD dan BMKG Pantau Cuaca

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatasi sampah.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Andono Warih mengatakan kerja sama yang dimaksud berupa pantauan cuaca untuk mengatasi sampah yang bisa ditimbulkan akibat hujan deras melanda.

“Kami kerja sama dengan BPBD dan BMKG untuk pantau cuaca,” ucap Andono, Senin (14/10/2019).

Nantinya dengan kerja sama tersebut maka pihaknya bisa melakukan antisipasi timbunan sampah yang mungkin terbawa arus sungai saat hujan deras melanda di bagian hulu.

“Kalau ada pemberitahuan curah hujan tinggi di hulu, maka kita siapkan petugas di lapangan,” sambung Andono.

Andono menambahkan khusus di Pintu Air Manggarai, sampah yang diangkut tidak terlalu banyak. Berbeda halnya pada 9 Oktober 2019 silam saat hujan deras melanda kawasan Bogor dan Jakarta.

“Kalau hari biasa sampah yang diangkut paling setengah truk tipe besar. Kalau 9 Oktober kemarin, sampai 300 sekian truk. Luar biasa dalam sehari itu,” katanya.

Namun setelahnya volume sampah yang diangkut dari Pintu Air Manggarai kembali normal. “Menurun, mulai normal lagi, tapi itu tidak surutkan kesiapsiagaan kami,” ujarnya.

Saat Jakarta dilanda hujan deras akhir pekan lalu, ratusan ton sampah tersangkut di Pintu Air Manggarai.

Andono mengatakan, pihaknya telah kembali membuka aliran Pintu Air Manggarai setelah memastikan tumpukan sampah yang menggenang telah tertangani.

Menurutnya, penutupan pintu air sengaja dilakukan oleh pihaknya akibat banyaknya sampah yang terbawa aliran sungai saat hujan mengguyur kawasan Bogor, Depok, dan Jakarta

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Atasi Sampah, Dinas LH DKI Kerja Sama dengan BPBD dan BMKG Pantau Cuaca, https://wartakota.tribunnews.com/2019/10/14/atasi-sampah-dinas-lh-dki-kerja-sama-dengan-bpbd-dan-bmkg-pantau-cuaca.
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Foto Cover : Alat berat sedang mengangkat sampah dari permukaan aliran sungai di Pintu Air Manggarai, Kamis (10/10) – Rizki Amana

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com