BeritaJakarta BerketahananKegiatan

Rapat Sinergitas Program Sanitasi di DKI Jakarta

Jakarta, 25 Oktober 2019.

Pada Hari Jumat, 25 Oktober 2019 Sekretariat Jakarta Berketahanan memenuhi undangan Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (Deputi TRLH) yang turut dihadiri oleh Dinas LH Provinsi DKI Jakarta; Dinas Perindustrian dan Energi (DPE) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Sumber Daya Air (DSDA) Provinsi DKI Jakarta, Biro Dikmental Setda Provinsi DKI Jakarta, PD PAL Jaya, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Rapat ini bertujuan untuk membahas sinergi berbagai program terkait sanitasi di DKI Jakarta untuk mendukung Jakarta menjadi kota yang berketahanan, terutama di lingkungan masjid dan termasuk Ikhtiar Jakarta/Ambitious City Promises (ACP) yang diinisasi oleh ICLEI. Rapat ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan pertama pada 15 Oktober 2019 yang diinisiasi oleh Deputi TRLH dengan mengundang, PD PAL Jaya, BAZNAS, DMI, ICLEI, dan USAID IUWASH Plus terkait upaya peningkatan kondisi sanitasi lingkungan yang mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) DKI Jakarta dengan menjadikan Masjid sebagai pusat pembelajaran (center of excellence).

Berbagai pemangku kepentingan telah memiliki berbagai inisiatif untuk meningkatkan kondisi sanitasi di DKI Jakarta, seperti: (i) MUI bersama dengan BAZNAS dan DMI telah menginisiasi program Eco-masjid; (ii) PD PAL Jaya dengan Instalasi Pengolahan Limbah Terpusat hingga 2050; (iii) DPE Provinsi DKI Jakarta dengan Program Sumur Resapan di DKI Jakarta; (iv) Dinas LH Provinsi DKI Jakarta juga terus melaksanakan pembersihan badan air untuk meningkatkan kondisi sanitasi DKI Jakarta.

Sekretariat Jakarta Berketahanan juga diminta memberikan paparan terkait pentingnya aspek sanitasi dalam perwujudan Jakarta Berketahanan. Sekretariat Jakarta Berketahanan menekankan bahwa aspek sanitasi menjadi penting untuk mewujudkan Jakarta Berketahanan melalui Pilar Jakarta SEHAT. Dengan telah ditemukenalinya bahwa terdapat berbagai program dari berbagai pemangku kepentingan terkait aspek sanitasi, diperlukan sebuah rencana aksi untuk sinergitas progam sanitasi di DKI Jakarta. Penyusunan rencana aksi ini dapat diawali dengan pemetaan dan pendataan kondisi sanitasi di DKI Jakarta (yang dimiliki oleh DSDA dan DLH Provinsi DKI Jakarta), identifikasi aksi yang bisa dilaksanakan, serta penyelarasan dengan berbagai inisiatif di DKI Jakarta.

Salah satu upaya yang dipandang tepat adalah perwujudan masjid sebagai pusat pembelajaran (center of excellence) terkait sanitasi di DKI Jakarta. Dengan berbagai sarana yang dimiliki masjid, seperti: Taman Pengajian Anak (TPA), Khutbah, dan Sarana Wudhu; Masjid dipandang sebagai salah satu perangkat yang dapat membantu penyebarluasan informasi dan peningkatan kesadaran masyarakat terkait isu sanitasi di DKI Jakarta.

Selain itu, terdapat beberapa poin penting dan masukan terkait perwujudan masjid sebagai pusat pembelajaran (center of excellence) terkait sanitasi di DKI Jakarta, yaitu:

  • Diperlukan sebuah rencana aksi untuk perwujudan Masjid sebagai pusat pembelajaran (center of excellence) sanitasi di DKI Jakarta. Penyusunan rencana aksi ini dapat diawali dengan pemetaan dan pendataan kondisi sanitasi masjid, identifikasi aksi yang bisa dilaksanakan, serta penyelarasan dengan berbagai inisiatif di DKI Jakarta.
  • Perwujudan masjid sebagai pusat pembelajaran (center of excellence) sanitasi di DKI Jakarta juga sejalan dengan upaya Desain Besar Penyediaan Layanan Air Minum dan Air Limbah Domestik yang telah disusun oleh Kedeputian TRLH dan USAID IUWASH Plus; program ACP yang diinisiasi oleh ICLEI; serta Program Eco-Masjid yang diinisiasi oleh MUI.

Implementasi dan perwujudan masjid sebagai pusat pembelajaran (center of excellence) sanitasi dipandang dapat membantu peningkatan kesadaran dan kapasitas pemangku kepentingan. Inisiasi kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta, PD PAL Jaya, MUI, DMI, BAZNAS, dan ICLEI juga dapat membantu perwujudan Jakarta sebagai kota yang SEHAT dan Berketahanan.

 

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com