BeritaJakarta BerketahananKliping

Anies: DKI Saling Support dengan PUPR untuk Naturalisasi dan Normalisasi

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak ada konflik dalam pelaksanaan program naturalisasi dan normalisasi Sungai Ciliwung. Baik naturalisasi maupun normalisasi sungai merupakan program pencegahan banjir di Jakarta.

“Saya juga dengan Pak Basuki (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) (bertemu), semua program akan kita saling support, dan beliau juga sampaikan mana-mana yang naturalisasi, kami bantu. Mana-mana yang normalisasi, kami bantu. Jadi nggak ada itu yang namanya dikonflikkan di kita,” ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (8/1/2020).

Diketahui, konsep normalisasi sungai dicetuskan saat Joko Widodo (Jokowi) menjadi Gubernur DKI Jakarta. Normalisasi sungai adalah upaya meningkatkan kapasitas sungai agar bisa menampung lebih banyak debit air. Lewat konsep ini, sungai akan dilebarkan dan pada bagian tepi dipasang beton (sheetpile).

Sementara naturalisasi sungai tidak menggunakan beton. Naturalisasi adalah upaya mengembalikan fungsi sungai seperti aslinya.

Anies mengaku tidak ada perdebatan antara normalisasi dan naturalisasi. Dia mengatakan Pemprov DKI dengan Kementerian PUPR saling dukung dan berkolaborasi. Dia mengatakan bersama Basuki telah bertemu dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) pada Rabu (8/1) kemarin.

“Sama (tujuan naturalisasi dan normalisasi). Maka itu, kalau hal kompleks dijadikan headline, sering kali kan tidak seluruh kosa kata masuk. Kita kolaboratif kok,” kata Anies.

Saat ditanya tentang pembebasan lahan untuk normalisasi Ciliwung, Anies memilih menggunakan kata ‘pelebaran’. Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki juga sepakat program normalisasi maupun naturalisasi perlu dilakukan pelebaran sungai.

“Yang pelebaran, (konsep) netral tuh. Pelebaran sungai. Kita akan lakukan pembayaran, Ini juga kita siapkan dasar hukum supaya kuat,” ucap Anies.

Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul “Anies: DKI Saling Support dengan PUPR untuk Naturalisasi dan Normalisasi”, https://news.detik.com/berita/d-4852938/anies-dki-saling-support-dengan-pupr-untuk-naturalisasi-dan-normalisasi/1

Penulis : Arief Ikhsanudin

Foto Cover: Ilustrasi banyaknya bangunan berdiri di tepi Ciliwung yang mempersempit badan sungai. (Agung Pambudhy/detikcom)

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com