BeritaJakarta BerketahananKliping

Pemerintah Target Punya 1 Juta Reagen Tes PCR Corona

Jakarta, CNN Indonesia — Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menargetkan memiliki satu juta reagen dalam pekan ini. Reagen merupakan cairan untuk tes virus corona dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Gugus tugas telah mendatangkan lebih dari 420 ribu reagen PCR. Semalam datang 500 ribu. Sehingga diharapkan minggu ini kita punya reagen sekitar sejuta reagen, Viral Transport Medium (VTM) dan ektraksi RNA,” kata Doni usai Rapat Kabinet Terbatas melalui video conference, Senin (4/4).

Ia mengatakan tambahan reagen tersebut bisa digunakan untuk melakukan tes secara masih seperti yang diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diketahui, Jokowi menargetkan tes PCR sebanyak 10 ribu per hari.

Kepala BNPB itu menyatakan kendala yang dihadapi dalam melakukan tes PCR bukan hanya pada ketersediaan reagen, tetapi juga jumlah sumber daya manusia (SDM) di laboratorium yang minim.

“Gugus tugas pusat sudah minta bantuan ke PB IDI dan seluruh IDI wilayah untuk membantu dan mendukung sehingga upaya testing masif bisa optimal,” ujarnya.

Sampai kemarin, readyviewed jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia secara kumulatif berjumlah 11.192 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 845 orang meninggal dunia dan 1.876 dinyatakan sembuh.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan sebagian laboratorium pemeriksaan virus corona menghentikan sementara pengujian spesimen karena kehabisan senyawa kimia reagen.

Sampai kemarin pemerintah telah menguji 112.965 spesimen dari 83.012 orang di 46 laboratorium. (yoa/fra)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul “Pemerintah Target Punya 1 Juta Reagen Tes PCR Corona”, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200504135558-20-499838/pemerintah-target-punya-1-juta-reagen-tes-pcr-corona
Penulis/Editor : CNN Indonesia
Foto Cover : Pemerintah menargetkan memiliki 1 juta reagen untuk tes virus corona. Ilustrasi (ARIF FIRMANSYAH/ARIF FIRMANSYAH)

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com