BeritaJakarta BerketahananKliping

DKI Catat Kasus Tertinggi Covid-19, Dinkes: Karena Tracing Ditingkatkan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Weningtyas mengatakan, tingginya kasus baru positif Covid-19 pada Selasa (9/6/2020) disebabkan penelusuran kasus yang makin masif. Kasus baru positif Covid-19 di Jakarta pada Selasa diketahui mencapai 239 kasus, tertinggi sejak munculnya kasus perdana.

“(Peningkatan kasus baru) karena active case finding tracing (penelusuran kasus) lebih ditingkatkan,” ujar Weningtyas saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/6/2020).

Weningtyas menyampaikan, penelusuran kasus dilakukan terhadap beberapa kategori warga. Salah satunya adalah warga yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) yang bisa membuat kondisinya makin parah bila terinfeksi virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2).

“Tracing ke sasaran ke masyarakat di kampung kumuh, miskin, padat, berisiko tinggi (seperti) ibu hamil, lansia, bayi, orang dengan komorbid,” kata Weningtyas.

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Nomor 94/SE/2020 tentang Active Case Finding Covid-19, tracing dilakukan oleh tiap puskesmas kecamatan di Jakarta.

Tracing dilakukan dengan pengambilan sampel untuk diperiksa dengan metode polymerase chain reaction (PCR).

“Sehubungan dengan perkembangan kasus Covid-19 di DKI Jakarta dan pentingnya menjaga kualitas dan kuantitas testing dan tracing serta untuk meningkatkan jangkauan testing PCR bagi masyarakat DKI Jakarta, maka diharapkan kepada seluruh kepala puskesmas kecamatan untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan swab PCR bagi warga di wilayah kerjanya,” demikian isi surat edaran tersebut.

Tambahan kasus positif Covid-19 di Jakarta pada Selasa diketahui tertinggi sejak munculnya kasus pertama di Ibu Kota pada 3 Maret 2020. Kasus harian tertinggi sebelumnya terjadi pada 16 April 2020.

Kala itu, ada 223 pasien yang dilaporkan positif Covid-19. Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, tingginya tambahan kasus positif Covid-19 disebabkan uji spesimen yang tertunda di beberapa laboratorium swasta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “DKI Catat Kasus Tertinggi Covid-19, Dinkes: Karena Tracing Ditingkatkan”, https://megapolitan.kompas.com/read/2020/06/10/15354011/dki-catat-kasus-tertinggi-covid-19-dinkes-karena-tracing-ditingkatkan.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Nursita Sari
Foto Cover : Grafik kasus harian positif Covid-19 di Jakarta sampai 9 Juni 2020. Tambahan kasus pada 9 Juni tertinggi sejak munculnya kasus pertama di Jakarta, melampaui puncak kasus pada 16 April 2020. (Diolah dari tangkapan layar situs web corona.jakarta.go.id)

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com