BeritaJakarta BerketahananKegiatan

Pertemuan dengan DSDA Terkait Penyelarasan Draft Nol Strategi Jakarta Berketahanan

Dibutuhkan penyelarasan antara Draft Nol Strategi Ketahanan Kota Jakarta dengan rencana kerja DSDA

16 Januari 2019

Pada tanggal 16 Januari 2019 dilaksanakan pertemuan antara Tim Sekretariat Jakarta Berketahanan dengan Dinas Sumber Daya Air (DSDA) Provinsi DKI Jakarta. Pertemuan tersebut bertujuan untuk melakukan konfirmasi dan validasi mengenai Draft Nol Strategi Ketahanan Kota Jakarta, terutama pada Program Prioritas. Di awal pertemuan, Tim Sekretariat Jakarta Berketahanan membahas dibutuhkannya penyelarasan antara Draft Nol Strategi Ketahanan Kota Jakarta dengan rencana program/kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD Provinsi DKi Jakarta, termasuk DSDA Provinsi DKI Jakarta.

Kemudian, DSDA Provinsi DKI Jakarta mengklarifikasi peran DSDA dalam penyediaan air bersih dan pemanfaatan air tanah dengan perincian sebagai berikut:

  • Hal yang terkait dengan pemanfaatan maupun pengendalian air tanah kini menjadi kewenangan Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta.
  • Peran DSDA terkait dengan air tanah adalah memastikan daerah yang dilarang untuk mengksploitasi air tanah telah terhubung dengan sumber air bersih lainnya, contohnya berupa sumber air yang berasal dari air permukaan.
  • Namun, ditinjau dari pelayanan air bersih secara keseluruhan, peran DSDA adalah melakukan monitoring terhadap kinerja PD PAM Jaya dalam menyediakan air bersih. Penyediaan pelayanan air bersih yang dilakukan oleh DSDA hanya terbatas pada area Kepulauan Seribu.
  • Selain itu, DSDA juga melakukan monitoring penyediaan pelayanan air limbah yang dilakukan oleh PD PAL Jaya.

Di akhir pertemuan, kedua belah pihak melakukan pertukaran data untuk keperluan sinkronisasi. Sebagai tindak lanjut, Tim Sekretariat Jakarta Berketahanan akan terus melakukan langkah konfirmasi dan validasi mengenai Draft Nol Strategi Ketahanan Kota Jakarta ke SKPD lainnya.

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com