BeritaJakarta BerketahananKliping

Kebakaran di Tanah Abang, Anies Janji periksa Instalasi Listrik

TEMPO.CO, Jakarta – Kebakaran di Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji melakukan review atau memeriksa ulang fasilitas listrik di tempat umum.

“Sedang dilakukan review soal listrik. Jadi review dilakukan di rumah masyarakat, di intalasi-intalasi umum, dan coslokan-colokan listrik yang ada,” ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 22 April 2019.

Anies menjelaskan review dibutuhkan untuk pencegahan kebakaran akibat korsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik. Namun, dia menyatakan tak tahu detail perkembangan review instalasi listik di Pasar Tanah Abang.

“Cek ke (pengelola) pasar ya untuk detail-detailnya.”

Kebakaran melanda sebuah toko pakaian di Blok C sekitar pukul 07.10 WIB hari ini, Senin, 22 April 2019. Dinas Pemadam Kebakaran mengerahkan 14 pemadam kebakaran. Mereka dibantu petugas PLN, PMI, AGD, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Tagana, Kepolisian, dan TNI untuk memadamkan api.

Menurut Kepala Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Mulyanto, penyebab kebakaran di Tanah Abang sementara karena korsleting listrik di toko pakaian yang terbakar. Mulyanto mematikan tak ada korban jiwa manusia dalam peristiwa itu. “Nominal kerugian akibat kebakaran belum bisa diperkirakan.”

Dari pantauan Tempo di lokasi, kios sumber api telah dipasangi garis polisi. Akibat kebakaran itu listrik Gedung Blok C Tanah Abang padam. Petugas Damkar mengatakan saat ini status pemadaman adalah pendinginan atau menunggu asap dan sisa api benar-benar hilang.

Artikel ini telah dipublikasikan di https://metro.tempo.co/read/1198127/kebakaran-di-tanah-abang-anies-janji-periksa-instalasi-listrik/full&view=ok

Oleh: M. Julnis Firmansyah, Tempo

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com