BeritaJakarta BerketahananKliping

Tak Jadi Dibongkar, Ruang Kosong di Belakang Trotoar Jalan Kalimalang Bakal Dibangun Taman

‘Nasib’ trotoar yang dibangun di median Jalan Kalimalang sedang dibahas berbagai instansi di Jakarta Timur.

Lembaga yang sedang membahasnya yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pengembang Tol Becakayu PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM), Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

Pertemuan tersebut dilakukan tadi pagi di Kantor Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Jalan Taman Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2019).

Kasie Lalu Lintas Sudinhub Jaktim, Andreas Eman menyatakan, berdasarkan hasil pertemuan,  PT KKDM akan membangun taman tepat di belakang ruang kosong trotoar di median Jalan Kalimalang.

“Jadi dari pihak Tol Becakayu akan melaksanakan penataan trotoar dan taman di Kalimalang itu. Tengahnya kan trotoar, belakangnya jalan, ya jalan itu,” ucap Eman saat dikonfirmasi, Rabu (18/9/2019).

Eman menjelaskan, berdasarkan Detail Engineering Design (DED), ruang kosong di belakang trotoar sejak awal memang bukan digunakan sebagai jalan umum.

“Karena existingnya memang bukan untuk jalan. Hanya karena dia ada ruang kosong, jadi seperti jalan,” ucapnya.

“Rencana awal memang akan dibangun taman. Belakangnya trotoar akan jadi taman. Itu hasil rapat tadi pagi dengan Bina Barga dan pihak Tol Becakayu,” ujarnya lagi.

Lantaran kondisi trotoar di sepanjang jalan tersebut tidak sama, baik konsep maupun luasannya akan didiskusikan kembali antara pihak PT KKDM dan Dinas Bina Marga.

Eman memastikan bahwa tak akan ada pelebaran jalan setelah dibangun taman-taman dipinggir jalan yang tergolong sebagai jalan nasional tersebut.

“Ruas jalannya difungsikan sesuai fungsi awal saja, selebar 8,5 meter. Nah jadi belakangnya itu buat taman. Trotoarnya malahan mungkin akan diperbaiki, tidak dibongkar,” kata Eman.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Tak Jadi Dibongkar, Ruang Kosong di Belakang Trotoar Jalan Kalimalang Bakal Dibangun Taman, https://wartakota.tribunnews.com/2019/09/18/tak-jadi-dibongkar-ruang-kosong-di-belakang-trotoar-jalan-kalimalang-bakal-dibangun-taman.
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Intan Ungaling Dian
Foto Cover : Dok. PT KKDM

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com