BeritaJakarta BerketahananKliping

Hari Ini, DKI Uji Coba Jalur Sepeda Rute Jalan Medan Merdeka Selatan-Pemuda

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan uji coba jalur sepeda pada Jumat (20/9/2019) pagi ini. Rute yang diuji coba yakni sepanjang 25 kilometer dari Jalan Medan Merdeka Selatan, sampai Jalan Pemuda, Jakarta Timur. Uji coba jalur sepeda ini merupakan bagian dari program ” Jakarta Ramah Bersepeda” untuk mendorong lebih banyak warga Jakarta menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari. Warga bisa menggunakan sepeda untuk menempuh jarak yang cukup dekat.

“Kita akan meluncurkan jalur-jalur sepeda yang kita harapkan nanti warga Jakarta lebih banyak lagi menggunakan sepeda,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Selasa (17/9/2019).

Ada tujuh jalur yang akan diuji coba mulai hari ini sampai 19 November 2019. Rutenya sebagai berikut: Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjo, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka, Jalan Pemuda.

Dalam uji coba ini, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan kerucut lalu lintas (traffic cone) dan tali tambang sebagai pemisah antara jalur sepeda dan jalur kendaraan bermotor di jalan raya.

“Kami sudah menyiapkan tali sekitar 14 kilometer, nanti sisanya dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, termasuk kesiapan kerucutnya,” kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho, Kamis (19/9/2019).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan, pada tahap uji coba, Dishub hanya menyediakan marka. Pembatas jalur khusus sepeda akan disiapkan saat jalur sepeda diberlakukan. “Di sana (jalur sepeda) ada keterangan bahwa sepeda motor dilarang masuk jalur sepeda,

” ujar Syafrin. Uji coba fase dua akan dilanjutkan 12 Oktober-19 November 2019. Jalur tersebut sebagai berikut: Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan RS Fatmawati, Untuk fase tiga, ada enam jalur yang diujicobakan pada 2-19 November 2019.

Jalurnya sebagai berikut: Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, Jalan Jatinegara Timur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Hari Ini, DKI Uji Coba Jalur Sepeda Rute Jalan Medan Merdeka Selatan-Pemuda”, https://megapolitan.kompas.com/read/2019/09/20/06370451/hari-ini-dki-uji-coba-jalur-sepeda-rute-jalan-medan-merdeka-selatan?page=2.
Penulis : Nursita Sari
Editor : Jessi Carina
Foto Cover : ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com