BeritaJakarta BerketahananKliping

Dari Balai Kota DKI ke DPR Naik Sepeda, Anies Tularkan Kebiasaan Bersepeda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menularkan kebiasaan bersepeda kepada masyarakat.

Hal itu dilakukan Anies saat menghadiri undangan di Gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (25/9/2019) siang.

Saat ke gedung DPR Anies Baswedan mengendarai sepeda dari kantornya, Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Menurut Anies, sepeda bukan hanya alat olahraga semata, tetapi juga alat transportasi.

Anies ingin masyarakat Jakarta terbiasa menggunakan sepeda dalam kegiatan sehari-hari, sehingga Jakarta menjadi kota pelopor ramah bersepeda.

“Kami ingin agar masyarakat melihat sepeda bukan sekadar alat olahraga, tapi sebagai alat transportasi. Tadi kami lewat Bundaran HI, terus ke Tanah Abang, Pejompongan, terus langsung ke sini (pintu belakang Gedung DPR/MPR RI), sekitar setengah jam sejauh sembilan kilometer,” kata Anies berdasarkan siaran pers yang diterima dari Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) DKI Jakarta, Rabu (25/9/2019) malam.

Meski bersepeda, Anies tampak tetap menggunakan batik resmi dan helm saat menuju kantor legislator.

Anies menegaskan, kebiasaan ketika bersepeda dalam berkegiatan tidak perlu difasilitasi oleh atribut-atribut bersepeda yang harganya relatif mahal, cukup menggunakan helm pengaman dan pakaian sehari-hari.Bahkan, batik yang resmi pun bisa digunakan untuk bersepeda. Jadi, tidak perlu pakaian khusus, tidak perlu kacamata khusus yang mahal-mahal. Tapi, pakaian yang apa adanya saja.

“Saya tadi pakai batik begini, kemudian di perjalanan lancar siang hari,” ujarnya.

“Saya sampe sini selamat ya, aman, Alhamdulillah. (Di sini) ada undangan untuk Pansus Pemindahan Ibu Kota. Sebelumnya, ada undangan peluncuran buku AM Fatwa,” tambahnya.

Anies menargetkan, pada bulan November 2019 nanti , total jalur sepeda yang akan selesai adalah sepanjang 500 kilometer. Dengan begitu, diharapkan, warga Jakarta dapat memanfaatkan fasilitas jalur sepeda ini sebaik-baiknya dan membiasakan diri bersepeda saat berkegiatan sehari-hari.“Bersepeda itu menyehatkan sekaligus bisa menekan polusi udara dari sisa pembakaran kendaraan bermesin yang kita gunakan sehari-hari,” imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Dari Balai Kota DKI ke DPR Naik Sepeda, Anies Tularkan Kebiasaan Bersepeda, https://wartakota.tribunnews.com/2019/09/25/dari-balai-kota-dki-ke-dpr-naik-sepeda-anies-tularkan-kebiasaan-bersepeda?page=2.
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Hertanto Soebijoto
Foto Cover : Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com