BeritaJakarta BerketahananKegiatan

Rapat dengan Sekretariat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SGDs) Bappeda Provinsi DKI Jakarta

Penyelarasan langkah antara Sekretariat TPB/SDGs dan Sekretariat Jakarta Berketahanan untuk memaksimalkan dampak menuju DKI Jakarta yg berkelanjutan dan berketahanan

Jakarta, 26 September 2019.

Pada Hari Kamis, 26 September 2019 Sekretariat TPB/SGDs DKI Jakarta mengundang Sekretariat Jakarta Berketahanan untuk berdiskusi terkait internalisasi dan penyelarasan Strategi Ketahanan Kota dengan indikator indikator TPB/SDGs yang digunakan oleh Provinsi DKI Jakarta serta Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 156 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Tahun 2017-2022.

Rapat ini bertujuan untuk penyelarasan langkah antara Sekretariat TPB/SDGs dan Sekretariat Jakarta Berketahanan untuk memaksimalkan dampak menuju DKI Jakarta yg berkelanjutan dan berketahanan.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari berbagai kegiatan rapat internalisasi Strategi Ketahanan Kota dengan berbagai SKPD Pemprov DKI Jakarta yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Strategi Ketahanan Kota yang terdiri dari 3 (tiga) pilar; yaitu: Siap, Sehat, dan Terhubung; sudah mulai mendapatkan dukungan dari beberapa SKPD terkait, terutama BPBD dan Bappeda Provinsi DKI Jakarta yang menginternalisasikan komponen strategi ke dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Provinsi DKI Jakarta.

Terdapat beberapa hal penting yang mengemuka pada rapat ini, yaitu:

  • Dalam dokumen strategi, indikator pelaksanaan strategi memang tidak disebutkan secara rinci. Indikator pelaksanaan dan implementasi Strategi ketahanan kota Jakarta akan diselaraskan dengan berbagai indikator yg sudah ada di Jakarta (RPJMD, SDGs, NUA, RAD GRK, RAD API).
  • Dalam penyusunan dan implementasi Strategi Ketahanan Kota Jakarta, Sekretariat Jakarta Berketahanan dan seluruh pemangku kepentingan bersepakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang telah ada di DKI Jakarta, termasuk ketercapaian indikator TPB/SDGs. Oleh karena itu, indikator ketercapaian pelaksanaan Strategi Ketahanan Kota Jakarta diselaraskan dengan berbagai indikator yang telah digunakan oleh DKI Jakarta dan tidak merumuskan indikator baru yang akan menambah beban bagi para pemangku kepentingan.
  • Dalam hal ini, Sekretariat Jakarta Berketahanan menjelaskan bahwa dokumen Strategi Ketahanan Kota Jakarta telah menyelaraskan tenggat waktu dan indikator keberhasilan setiap Strategi dengan upaya yang telah dan akan dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta sekaligus memberikan masukan untuk melaksanakan kegiatan inovatif yang belum pernah dilaksanakan selama ini.

Dalam pertemuan ini, Sekretariat TPB/SDGs DKI Jakarta dan Sekretariat Jakarta Berketahanan bersepakat untuk saling mendukung implementasi Strategi Ketahanan Kota Jakarta dan ketercapaian indikator TPB/SDGs di DKI Jakarta. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan pelaksanaan proyek percontohan (pilot project) TPB/SDGs melalui kegiatan quick-win Strategi Ketahanan Kota Jakarta.

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com