BeritaJakarta BerketahananKegiatan

Dutch Training and Exposure Program (DUTEP) Phase III Batch 1 Pre-Departure Workshop

Pada Hari Selasa, 4 Februari 2020, Sekretariat Jakarta Berketahanan berkesempatan untuk mengikuti rangkaian acara dari Dutch Training and Exposure Program (DUTEP) Phase III Batch 1 Pre-Departure Workshop yang merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Rotterdam dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang juga merupakan bagian dari perjanjian Sister Cityantara kedua kota.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan dan kapasitas para pegawai melalui kegiatan magang dan pelatihan terkait manajemen tata air yang terintegrasi.

DUTEP didukung oleh Kedutaan Besar Kerajaan Belanda dan mitra dari pendidikan, bisnis dan pemerintah. DUTEP dilaksanakan oleh konsorsium yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Jakarta dan City of Rotterdam, Waterboard Delfland, Van Oord, Port of Rotterdam, Rotterdam University of Applied Sciences dan Nuffic.

Acara dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono dan turut dihadiri oleh Plt. Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidupperwakilan dari City of Rotterdam, Rotterdam University of Applied Sciences,Direktur Nuffic Neso Indonesia dan para alumni DUTEP.  Adapun beberapa poin penting yang mengemuka pada acara pembuka Dutch Training and Exposure Program (DUTEP) Phase III Batch 1 Pre-Departure Workshop adalah sebagai berikut.

  • Pentingnya kerja sama antara kedua pemerintah dan area yang telah menjadi fokus utama dalam DUTEP: river naturalisation, stormwater and waste water management, integrated blue, grey and green infrastructure, coastal protection and climate adaptation in delta dan water bodies.
  • Masalah banjir yang terjadi pada awal tahun di DKI Jakarta ini harus menjadi motivasi pendorong bagi peserta DUTEP dalam menemukan solusi terobosan
  • Adanya partnership baru antara DKI Jakarta dengan Port of Rotterdam sehingga kedepannya dapat memeberikan manfaat baik bagi Rotterdam maupun Jakarta

Setelah sesi pembuka, acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan pengalaman yang didapatkan oleh para alumni DUTEP tahun lalu serta presentasi proposal project yang telah dibuat oleh 10 peserta DUTEP Phase III Batch 1 yang akan berangkat ke Belanda pada minggu kedua di bulan Februari ini. Adapun beberapa judul yang diajukan dalam presentasi proposal tersebut adalah sebagai berikut.

  • Stormwater Management in Attractive Urban Park, Kampung Padaengan, East Jakarta
  • Green and Blue Connection to Improve Jakarta’s Environmental Quality
  • Guideline on Integrated Blue & Green Public Space Development
  • Geospatial Technology Integration for Flood Management
  • Financing The Coastal Protection Infrastructure
  • Wetland Management For Coastal Development Along an Estuary System
  • Climate Change Adaptation in Jakarta Coastal Area
  • An Adaptive Planning for Enhancing Social-Ecological Resilience of Coastal Area Development
  • Environmentally Friendly Infrastructure in Jakarta Coastal Area
  • One Stop Edu-Tourism Integrated with Green Blue Infrastructure in Rawa Buaya Urban Forest

Melalui pelaksanaan DUTEP 2020, para peserta yang akan berangkat ke Belanda diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan dan kapasitas dalam manajemen tata kelola air di Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, alangkah baiknya segala pembelajaran yang didapatkan oleh para peserta DUTEP nantinya dapat diimplementasikan di DKI Jakarta dengan menggunakan pendekatan-pendekatan terbaru yang diterapkan di Rotterdam terkait pengelolaan air perkotaan terpadu.

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com