BeritaJakarta BerketahananKliping

Susul Bandung, DKI akan Uji Coba Layanan ‘Bike Sharing’

Jakarta, CNN Indonesia — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana melakukan uji coba layanan bike sharing di sejumlah wilayah di ibu kota. Bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Diketahui, layanan bike sharing atau penyewaan sepeda secara gratis sudah diterapkan di sejumlah kota di dunia. Kota Bandung termasuk di antaranya, yang telah menerapkan sejak 2017 lalu.

“Rencana minggu ini akan uji coba bike sharing, kerja sama dengan operator yang pernah melakukan upaya operasional pada enam titik di Jakarta,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam video di akun Youtube Pemprov DKI, Kamis (2/7).

Syafrin mengatakan uji coba layanan bike sharing akan diterapkan di kantor-kantor pemerintahan terlebih dahulu. Pihaknya juga mulai menyiapkan rak sepeda di Balai Kota, Kantor Dinas Perhubungan di Jati Baru, hingga di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

“Tujuan kita ingin mendorong bahwa Pemprov atau ASN (aparatur sipil negara) Jakarta dulu yang menggunakan itu, kemudian bisa jadi contoh masyarakat lain bahwa ini bisa dimulai,” tuturnya.

Tren bersepeda meningkat di tengah pandemi virus corona. Berdasarkan penelitian The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), terjadi peningkatan jumlah pesepeda pada wilayah tertentu di Jakarta selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Peningkatan pengguna sepeda itu terjadi hingga 10 kali lipat bila dibandingkan sebelum masa pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut Syafrin, tren bersepeda sebagai alat transportasi juga harus didorong agar mengimbangi kekurangan kapasitas angkutan umum di Jakarta selama masa PSBB transisi.

Ia pun mengusulkan agar pihaknya dapat memanfaatkan dana piutang Surat Persetujuan Prinsip Pembebasan Lahan (SP3L) untuk membangun jalur sepeda baru.

“Karena memang anggaran kita tahun ini mengalami kontraksi, kami usulkan sekiranya bisa dimanfaatkan dana SP3L untuk membangun kurang lebih 500 koridor sesuai dengan rencana jalur sepeda di Jakarta,” tutur Syafrin.

Layanan bike sharing atau penyewaan sepeda secara gratis sudah diterapkan di beberapa kota di dunia. Termasuk di Kota Bandung, Jawa Barat yang telah dicanangkan sejak 2017 lalu.

Syarat yang diberlakukan yakni mengisi form berdasarkan informasi yang dicantumkan di dalam e-KTP masing-masing penyewa. Layanan bike sharing di Bandung dinamakan Bike on The Street Everybody Happy (Boseh).

Layanan bike sharing di Jakarta sendiri sebetulnya telah direncanakan sejak Oktober 2019 lalu. Saat itu, Pemprov DKI Jakarta tak langsung menerapkan karena masih ingin menyusun hal-hal teknis terlebih dahulu. Layanan bike sharing sejauh ini baru diterapkan di kawasan Monumen Nasional.

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul “Susul Bandung, DKI akan Uji Coba Layanan ‘Bike Sharing’”, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200703083124-20-520346/susul-bandung-dki-akan-uji-coba-layanan-bike-sharing
Penulis/Editor : CNN Indonesia
Foto Cover : Layanan bike sharing atau penyewaan speeda gratis akan dicoba di sejumlah titik di Jakarta (CNN Indonesia/Safir Makki)

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com