BeritaJakarta BerketahananKliping

Jakarta Raih ”Honorable Mention” oleh STA 2020

200 Persen meningkat jumlah pengguna transportasi umum!

JAKARTA, KOMPAS — Jakarta mendapatkan anugerah ”Honorable Mention” di ajang Sustainable Transport Award (STA) 2020. Penghargaan didapatkan atas usaha mengembangkan sistem Bus Rapid Transit Transjakarta, keberhasilan menaikkan jumlah penumpang hingga 200 persen dalam waktu kurang dari 3 tahun, serta penyediaan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum. Penghargaan itu diumumkan di Fortaleza, Brasil.

Yoga Adiwinarto, Direktur Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia, Kamis (27/6/2019), lewat pesan Whatsapp, menjelaskan, tim penilai mengevaluasi dan menilai Transjakarta pada April-Mei 2019.

Aspek yang dinilai mulai dari pengembangan layanan, integrasi dengan angkot, hingga pembenahan akses ke angkutan massal. Penilaiannya bukan hanya pada hasil, tetapi juga komitmen dan usaha yang telah dilakukan.

Untuk pengembangan layanan, misalnya. Pada 2016, jumlah bus Transjakarta masih di kisaran 1.000 unit. Adapun jumlah penumpang harian 300.000 orang per hari. Pada 2019, dengan komitmen melayani dan mengembangkan angkutan umum, jumlah bus kini 2.400 unit. Sementara jumlah penumpang total harian menembus 800.000 orang.

KOMPAS/RIZA FATHONI

Halte Transjakarta dan JakLingko tersambung dengan Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019). Kebijakan penutupan satu sisi trotoar Jalan Jatibaru Raya, tepatnya di bawah JPM Tanah Abang bagi pejalan kaki, merupakan bagian untuk mewujudkan kawasan itu menjadi transit oriented development atau pengembangan kawasan berorientasi transit.

Untuk memudahkan pergerakan orang, Transjakarta juga mengembangkan sistem integrasi, baik angkutan kota, MRT, LRT, maupun kereta komuter.

Gandrie Ramadhan, Transport Associate ITDP Indonesia, menjelaskan, dalam ajang tersebut, sebanyak 40 kota di dunia menjadi peserta dan dinilai. Jakarta langsung masuk nominasi bersama 12 kota dari sejumlah negara di dunia. Sebut saja Richmond (AS), San Jose (Kosta Rika), Kingston (Kanada), dan Bogota (Kolombia).

Dalam prosesnya, Jakarta melesat masuk ke tahap semifinal hingga akhirnya menduduki posisi 3 besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda).

Pekerjaan rumah bagi Transjakarta dan Jakarta masih harus dibereskan. Untuk Transjakarta, masalah integrasi dengan moda lain masih perlu dibenahi.

Kota Pune, India, diberi anugerah sebagai pemenang STA 2020. Pune berhasil menerapkan konsep ”Complete Streets”, yaitu desain ruang jalan yang mengakomodasi semua kebutuhan pengguna jalan, mulai dari pejalan kaki, pesepeda dan pengguna kendaraan bermotor, hingga akses yang aman bagi pengguna angkutan umum.

Pune yang berpopulasi 3 juta jiwa juga telah mengimplementasikan program bike sharing dengan 4.000 sepeda. Selain itu, komitmen anggaran ke pembenahan transportasi berkelanjutan juga sangat signifikan.

Integrasi

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Pesepeda berbaur dengan sepeda motor dan mobil saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (24/8/2018). Revitalisasi jalur pedestrian di Jalan Sudirman dan MH Thamrin belum menyediakan jalur khusus bagi pesepeda.

Ke depan, Yoga menambahkan, pekerjaan rumah bagi Transjakarta dan Jakarta masih harus dibereskan. Untuk Transjakarta, masalah integrasi dengan moda lain masih perlu dibenahi. Untuk Jakarta, pembenahan lainnya seperti jalur sepeda dan manajemen parkir amat penting dilakukan.

Agung Wicaksono, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, membenarkan tentang penghargaan itu. Ke depan, lanjutnya, integrasi sejumlah operator ke layanan Transjakarta secara berkelanjutan menjadi pekerjaan rumah yang akan dituntaskan. ”Namanya juga Sustainable Transport Award,” katanya.

Keberlanjutan akan diterapkan secara ekologi (untuk lingkungan dan bumi sehingga perlu kendaraan listrik), keberlanjutan secara ekonomi (pembiayaan yang bersumber dari APBD harus dipertahankan), dan berkelanjutan secara sosial, yakni para pelaku transportasi harus menjaga kualitas layanan.

Pune dan Jakarta akan diberikan penghargaan dalam sebuah seremoni di Washington DC, AS, Januari 2020. Penghargaan ini akan diberikan di acara Transport Research Board Annual Meeting. Pune akan menjadi tuan rumah Mobilize 2020, yang diselenggarakan ITDP serta didukung Volvo Research dan Education Foundations.

 

Berita ini termuat dalam sumber  : https://kompas.id/baca/utama/2019/06/27/jakarta-raih-honorable-mention-oleh-sta-2020/

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com