BeritaJakarta BerketahananKegiatan

Pertemuan Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DKI Jakarta

Menjalankan kembali Forum PRB DKI Jakarta agar berdampak optimal!

Jakarta, 4 November 2019

Pada Hari Senin, 04 November 2019 Sekretariat Jakarta Berketahanan memenuhi undangan BPBD Provinsi DKI Jakarta terkait pertemuan forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DKI Jakarta yang turut dihadiri oleh 60 orang yang terdiri dari berbagai organisasi penggiat PRB di Jabodetabek. Pertemuan ini bertujuan untuk menjalankan kembali Forum PRB DKI Jakarta yang sudah terbentuk sejak 2014 lalu serta menentukan peran forum di kemudian hari agar bisa memberikan dampak yang optimal pada upaya PRB di DKI Jakarta. Pertemuan ini diselenggarakan dengan inisiasi BPBD Provinsi DKI Jakarta dengan dukungan Masyarakat Peduli Bencana Indonesia (MPBI) dengan mengundang Bapak Anton Agus yang merupakan Ketua Forum PRB DKI Jakarta sebagai narasumber.

Dalam pertemuan ini, terdapat beberapa poin penting yang menjadi pembahasan, yaitu:

  • Forum PRB DKI Jakarta diharapkan dapat menjadi ruang berkolaborasi berbagai pemangku kepentingan dalam upaya PRB. Dengan demikian, proses resource and network sharing dapat dilaksanakan secara optimal.
  • Penyelenggaraan kegiatan Forum PRB DKI Jakarta perlu dimulai dari hal yang kecil namun berdampak besar. Tidak perlu untuk menyelenggarakan kegiatan masif dengan dana yang besar di awal terbentuknya forum.
  • Forum PRB DKI Jakarta diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya PRB yang telah dilakukan selama ini. Forum ini juga diharapkan mampu memiliki sistem yang baik agar bisa berperan optimal pada saat ‘sebelum’, ‘terjadi’, dan ‘setelah’ kejadian bencana.

Dalam pertemuan ini terdapat pula beberapa ide dan masukan terkait pelaksanaan Forum PRB DKI Jakarta berupa:

  • Forum PRB DKI Jakarta juga perlu mulai melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas di tingkat individu dan keluarga untuk meminimalisasi dampak kejadian bencana.
  • Forum PRB DKI Jakarta juga perlu mulai berfokus pada PRB dan peningkatan kapasitas dari orang berkebutuhan khusus (difable).
  • Forum PRB DKI Jakarta perlu segera menentukan bentuk dan sistem kepengurusan yang dipandang paling tepat untuk kondisi di DKI Jakarta.

Sekretariat Jakarta Berketahanan memandang bahwa proses mengaktifkan kembali Forum PRB DKI Jakarta perlu dilaksanakan segera. Sebagai tindak lanjut berjalannya kembali kegiatan forum, Forum PRB DKI Jakarta perlu segera melakukan pemetaan (mapping) dan inventarisasi seluruh aspek kebencanaan untuk kemudian diselaraskan dengan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) dan Rencana Kerja BPBD Provinsi DKI Jakarta.

BPBD Provinsi DKI Jakarta juga membentuk tim ad-hoc untuk membahas arah pembentukan Forum PRB DKI Jakarta selanjutnya yang akan dibahas pada pertemuan mendatang. Tim ­ad-hoc tersebut terdiri dari 7 (tujuh) orang, yaitu:

  • Anton Agus (Ketua Forum PRB DKI Jakarta sebelumnya)
  • Catur Sudira (MPBI)
  • Basuki Rakhmat (BPBD Provinsi DKI Jakarta)
  • Eko
  • Trinirmalaningrum (SKALA)
  • Usulan 1: Perwakilan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI)
  • Usulan 2: Mira Fajar Aviatri (Sekretariat Jakarta Berketahanan)

Show More

Related Articles

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com