Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bersama Universitas Trisakti memasang 14 sensor berbiaya rendah (low-cost-censor/LCS)

Hai Sobat Lingkungan..

Jumat lalu, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bersama Universitas Trisakti memasang 14 sensor berbiaya rendah (low-cost-censor/LCS) untuk dipasang di dekat alat pemantau kualitas udara milik DLH Jakarta. Pemasangan ini ditujukan untuk memastikan bahwa data yang dihasilkan oleh LCS mempunyai kualitas tinggi (proses validasi data).

Perlu sobat tahu, DLH DKI Jakarta telah memiliki alat pemantau kualitas udara dengan kualitas referensi (reference grade) di lima kota di Jakarta
(https://rendahemisi.jakarta.go.id/ispu).

Di mana data yang dihasilkan mempunyai kualitas mumpuni dan alat ini harus dibeli dengan dana yang besar.

Nah.. sementara LCS ini dapat dibeli dengan dana yang rendah, tetapi datanya harus divalidasi dan dibandingkan dengan reference grade.

Melalui program kerjasama dengan Vital Strategies, DLH DKI Jakarta akan memasang 14 LCS ini di salah satu reference grade selama satu bulan untuk memvalidasi datanya. Setelah itu, alat-alat ini akan disebar di beberapa tempat di Jakarta untuk mencari titik kualitas udara yang buruk (hotspot) juga untuk mengevaluasi kebijakan yang saat ini sedang terjadi, seperti ganjil-genap.

Nantikan kegiatan selanjutnya untuk pemasangan LCS ini ya!