Profil Pimpinan
Dinas Lingkungan Hidup



Kepala Dinas Lingkungan Hidup

Asep Kuswanto, SE, M.Si

Asep Kuswanto, SE, M.Si merupakan jebolan pasca sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta tahun 2002 pada jurusan Ekonomi Pembangunan. Asep yang merupakan putra kelahiran Jakarta pada tahun 1973 ini mengawali karir ASNnya di Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta pada tahun 1998, dan sejak tahun 2015 menjabat Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu di Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta dan saat lanjut saat peleburan 2 SKPD menjadi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2017.


Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup

Drs. Syaripudin, M.Si

Drs. Syaripudin, M.Si lahir di Jakarta pada tahun 1973, Syaripudin mengawali karir ASNnya sebagai Staf PNS Pusat Sekretariat Jendral Departemen Dalam Negeri. Putra asli Betawi ini merupakan lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) pada tahun 1994. Pernah menjabat sebagai camat Ciracas Jakarta Timur, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan, mulai awal tahun 2020 Syaripudin diberikan amanah sebagai orang ke-2 di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, sebagai Wakil Kepala Dinas. Syaripudin menyelesaikan pasca Sarjananya pada jurusan Ilmu Pemerintahan pada tahun 2012.



Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup

Mahmuri, S.E., M.M.

Mahmuri, S.E., M.M. yang lahir di Jakarta pada tahun 1965 menyelesaikan pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Terbuka (1994), Institut Human Nutrition University of The Philippines Losbanos Non Degree Program on food and Nutrition Planing Management (2022) dan menyelesaikan studi Magister Manajemen Sektor Publik di Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor pada tahun 2005. Mahmuri mengawali karir menjadi ASN di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan menjalani ikatan dinas sebagai Tenaga Pelaksana Gizi pada Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok dan menjadi staff Seksi Gizi Dinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta pada tahun 1988. Sebelum menjabat Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Prov. DKI Jakarta pada bulan September 2021, Mahmuri pernah menjabat sebagai Ketua Tim Penilai Kelompok Pejabat Fungsional Perencana Bappeda (2009), Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Lingkungan Hidup Kantor Perencanaan Pembangunan Kota Jakarta Selatan (2011), Kepala Bagian Pengendalian Pola Ruang Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (2014) dan Kepala Bagian Lingkungan Hidup dan Ruang Terbuka Hijau Biro Pembangunan dan Lingkungan Hidup (2019).


Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Kebersihan

Ir. Erni Pelita Fitratunnisa, ME

Ir. Erni Pelita Fitratunnisa, ME yang biasa dipanggil dengan panggilan Ibu Fitri, menjabat sebagai Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2017. Lahir di Jakarta pada 19 Maret 1969, Ibu Fitri menyelesaikan pendidikan pasca sarjananya di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Manajemen Perencanaan dan Kebijakan Publik. Mengawali karir ASNnya di Badan Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Ibu Fitri pernah menjabat sebagai Kepala Sub Bidang Mitigasi & Adaptasi Perubahan Iklim dan Kepala Kantor Pengelola Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat.


Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan

Rommel PP Pasaribu IR

Rommel PP Pasaribu IR, lahir di Medan pada tahun 1969. Pada Tahun 2003 Mengawali karir di Dinas Perumahan DKI Jakarta sebagai Kepala Seksi sampai 2016, menjadikannya sukses menjabat sebagai Kepala Suku Dinas DPRKP tahun 2017-2020 Kabupaten Adm Kep.Seribu dan Jakarta Timur, Rommel menyelesaikan pendidikan Badan Pengembangan sumber daya Manusia pada tahun 2016-2017. Saat ini Rommel menjabat sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Sejak awal tahun 2021.


KEPALA BIDANG PENGENDALIAN DAMPAK LINGKUNGAN

Yusiono A.Supalal, S.Si, MAS

Yusiono A.Supalal, S.Si, MAS menyelesaikan pendidikan S1-nya di Universitas Brawijaya Malang jurusan Biologi, Yusiono A.Supalal, S.Si, MAS atau akrab disapa Pak Yusi, menyelesaikan studi magisternya di Graz University of Technology Austria pada jurusan Environmental Engineering & Management di tahun 2001. Sebagai ASN, Yusiono A.Supalal mengawali karirnya di KPPL DKI Jakarta. Pernah menjabat sebagai Kasubid Pengendalian Pencemaran Udara dan Kepala Bidang Penegakan Hukum BPLHD, Yusiono A.Supalal menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup sebelum dilantik menjadi Kepala Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta pada bulan November 2019.


KEPALA BIDANG PENGAWASAN DAN PENAATAN HUKUM

Eko Gumelar S, ST, M.SE

Eko Gumelar S, ST, M.SE mengawali karir ASN sebagai staf di Departemen Kesehatan pada tahun 2001. Selanjutnya beberapa kali berpindah posisi. Pernah bergabung di Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah, menjabat Lurah Rawamangun, dan berikutnya berpindah ke Dinas Tata Air sebelum menjadi Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, dan akhirnya menjabat sebagai Kepala Bidang Pengawasan dan Penataan Hukum pada bulan September 2022. Memiliki latar belakang S1 Teknik Lingkungan, Eko Gumelar menyelesaikan pasca Sarjananya di Universitas Indonesia pada tahun 2006.


KEPALA BIDANG PRASARANA DAN SARANA

Dedy Setiono, SH, M.Kn

Dedy Setiono, SH, M.Kn kepala Bidang Pengawasan dan Penaatan Hukum yang menjabat sejak bulan November 2019 ini merupakan putra kelahiran Jakarta tahun 1980. Menyelesaikan pendidikan Strata 1 nya di Fakultas Hukum Universitas Pancasila, Dedy Setiono melanjutkan pendidikan pasca sarjananya di Universitas Indonesia dengan tetap mendalami ilmu hukum. Dedy Setiono yang menyelesaikan studi pasca sarjananya pada pada tahun 2007, mengawali karir ASN nya sebagai staf tata usaha di Dinas Kebersihan. Sebelum menjadi Kepala Bidang Prasarana dan Sarana, Dedy pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Pengawasan dan Penaatan Hukum Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Seksi Pengadaan Bidang Prasarana dan Sarana.


KEPALA BIDANG PERAN SERTA MASYARAKAT

Edy Mulyanto, S.Sos, M.Si

Edy Mulyanto, S.Sos, M.Si, lahir di Jakarta pada tahun 1971. Sejak awal tahun 2020, Edy Mulyanto menjabat sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Pengalamannya sebagai Lurah Tambora dan Camat Gropet, menjadikannya sukses membesarkan Bank Sampah di Jakarta Barat saat menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat. Edy Mulyanto menyelesaikan pendidikan pasca sarjananya pada jurusan Ilmu Pemerintahan pada tahun 2006.


KEPALA UNIT PENGELOLA SAMPAH TERPADU

Agung Pujo Winarko, S.Si, M.Sil

Agung Pujo Winarko, S.Si, M.Sil ahir di Jakarta pada tanggal 23 Oktober 1982, Agung Pujo menyelesaikan pendidikan magisternya di Universitas Indonesia pada jurusan Kajian Pengembangan Perkotaan, setelah sebelumnya pada jenjang Strata 1 mengambil jurusan Geografi Perencanaan Pengembangan Wilayah di Universitas Gajah Mada. Awal karir ASN Agung Pujo sebagai CPNS di Dinas Tata Ruang. Selanjutnya, peraih Peringkat I PNS Berprestasi DKI Jakarta tahun 2019 ini, pernah berkarir di Dinas Bina Marga, dan terakhir di Dinas Lingkungan Hidup. Sebelum menjabat sebagai Kepala Peran Serta Masyarakat, Agung Pujo menjabat sebagai kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan.


Plt. KEPALA UPK BADAN AIR

Dedy Setiono, SH, M.Kn

Dedy Setiono, SH, M.Kn Plt. kepala UPK Badan Air yang menjabat sejak bulan September 2022, ini merupakan putra kelahiran Jakarta tahun 1980. Menyelesaikan pendidikan Strata 1 nya di Fakultas Hukum Universitas Pancasila, Dedy Setiono melanjutkan pendidikan pasca sarjananya di Universitas Indonesia dengan tetap mendalami ilmu hukum. Dedy Setiono yang menyelesaikan studi pasca sarjananya pada pada tahun 2007, mengawali karir ASN nya sebagai staf tata usaha di Dinas Kebersihan. Saat ini juga masih menjabat sebagai Kepala Bidang Prasaran dan Sarana Dinas Lingkungan Hidup Prov. DKI Jakarta.


KEPALA UPT LAB LINGKUNGAN HIDUP

Ir. Diah Ratna Ambarwati, M.Si

Ir. Diah Ratna Ambarwati, M.Si atau biasa dipanggil Ibu Ambar merupakan Kepala Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2014. Lahir di Palembang pada tahun 1966, Diah Ratna menyelesaikan magisternya di Universitas Indonesia pada tahun 2005. Sebelum menjadi Kepla UPT LLHD, Diah Ratna pernah menjabat beberapa posisi di Badan Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, diantaranya sebagai Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran.


Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Administasi Kepulauan Seribu Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta

Sujanto Budiroso S.Sos, M.Si.

Sujanto Budiroso, lahir di Bangkalan tahun 1965, saat ini menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Agustus 2022. Budi menyelesaikan pendidikan pasca sarjananya di Universitas Satyagama pada tahun 2007 jurusan Ilmu Pemerintahan. Mengawali karir PNS sebagai staf Bagian Pemb.Ketrampilan Perangkat Pem.Kelurahan di Biro Bina Pemerintahan Kelurahan. Tahun 2011 menjabat sebagai Camat Johar Baru Jakarta Pusat, dan terakhir menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat di Sekretariat Kabupaten Administrasi Kep Seribu sebelum menjadi Kasudin LH Kepulauan Seribu.


KEPALA SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKARTA SELATAN

Mohamad Amin, S.Si, MM

Mohamad Amin, S.Si, MM lahir sebagai putra daerah Betawi, Mohamad Amin, S.Si, MM saat ini menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Menyelesaikan pendidikan srtata satu pada jurusan Biologi dan pasca sarjananya pada jurusan Manajemen, kelahiran 20 Desember 1969 ini pernah menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran.


KEPALA SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKARTA BARAT

Slamet Riyadi, S.Sos, M.Si

Slamet Riyadi, S.Sos, M.Si lahir di Jakarta pada tahun 1971, Slamet Riyadi, S.Sos, M.Si saat ini menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat pada awal tahun 2020. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara sejak tahun 2017. Mantan Lurah Grogol dan Camat Kembangan ini merupakan lulusan IPDN tahun 1993 dan melanjutkan pasca sarjananya di jurusan Administrasi Publik.


KEPALA SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKARTA UTARA

Drs. Achmad Hariadi, M.Si

Drs. Achmad Hariadi, M.Si lahir di Jakarta pada tanggal 29 April 1971, Drs. Achmad Hariadi, M.Si menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara pada awal tahun 2020, setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Achmad Hariadi yang menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 nya di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN, mengawali karirnya di Kantor Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Pernah menjabat sebagai Lurah Sunter dan Camat Pulo Gadung, Achmad Hariadi, saat ini diberi kepercayaan untuk mengelola lingkungan wilayah Jakarta Utara.


Plt KEPALA SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKARTA PUSAT

Edy Mulyanto, S.Sos, M.Si

Edy Mulyanto, S.Sos, M.Si, lahir di Jakarta pada tahun 1971. Sejak awal tahun 2020, Edy Mulyanto menjabat sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Pengalamannya sebagai Lurah Tambora dan Camat Gropet, menjadikannya sukses membesarkan Bank Sampah di Jakarta Barat saat menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat. Edy Mulyanto menyelesaikan pendidikan pasca sarjananya pada jurusan Ilmu Pemerintahan pada tahun 2006.


KEPALA SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKARTA TIMUR

Drs.Wahyudi Rudiyanto, M.Si

Drs.Wahyudi Rudiyanto, M.Si menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur sejak bulan September 2021. Yudi merupakan putra kelahiran Jakarta ini mengawali karirnya sebagai ASN Provinsi DKI Jakarta sebagai Staf Dinas Kebersihan Prov. DKI Jakarta pada tahun 2000. Pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Penyuluhan dan Peran Serta Masyarakat di Sudin Kebersihan Kota Administrasi Jakarta Selatan dan pernah menjadi Kepala Seksi Pengelolaan Kebersihan dan Limbah B3 di Sudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur. Yudi menyelesaikan pendidikan strata duanya di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappan dengan jurusan Administrasi Publik pada tahun 2011.