Profil Pimpinan
Dinas Lingkungan Hidup



Kepala Dinas Lingkungan Hidup

Ir. H. Andono Warih, M.Sc

Ir. H. Andono Warih, M.Sc menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta setelah sebelumnya menjabat sebagi Plt selama beberapa bulan. Kelahiran Madiun tahun 1968 ini merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung pada jurusan Teknik Kimia tahun 1993 yang melanjutkan studi magisternya pada bidang Development Planning di Hiroshima University Jepang. Pernah menjabat sebagai Kepala UPT Laboratorium Lingkungan dan Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan, pada pertengahan tahun 2019, dilantik oleh Gubernur sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.


Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup

Drs. Syaripudin, M.Si

Drs. Syaripudin, M.Si lahir di Jakarta pada tahun 1973, Syaripudin mengawali karir ASNnya sebagai Staf PNS Pusat Sekretariat Jendral Departemen Dalam Negeri. Putra asli Betawi ini merupakan lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) pada tahun 1994. Pernah menjabat sebagai camat Ciracas Jakarta Timur, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan, mulai awal tahun 2020 Syaripudin diberikan amanah sebagai orang ke-2 di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, sebagai Wakil Kepala Dinas. Syaripudin menyelesaikan pasca Sarjananya pada jurusan Ilmu Pemerintahan pada tahun 2012.


Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup

Joko Indro Martono, S.H, MM

Joko Indro Martono, S.H, MM sebagai putra daerah yang lahir di Jakarta 57 tahun yang lalu, Pak Indro, sapaan akrabnya, saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Menyelesaikan pendidikan strata satu pada jurusan Hukum Perdata dan pasca sarjananya pada jurusan Manajemen. Sebelum bergabung dengan Dinas Lingkungan Hidup, Pak Indro pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.


Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Kebersihan

Ir. Erni Pelita Fitratunnisa, ME

Ir. Erni Pelita Fitratunnisa, ME yang biasa dipanggil dengan panggilan Ibu Fitri, menjabat sebagai Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2017. Lahir di Jakarta pada 19 Maret 1969, Ibu Fitri menyelesaikan pendidikan pasca sarjananya di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Manajemen Perencanaan dan Kebijakan Publik. Mengawali karir ASNnya di Badan Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Ibu Fitri pernah menjabat sebagai Kepala Sub Bidang Mitigasi & Adaptasi Perubahan Iklim dan Kepala Kantor Pengelola Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat.


Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan

Drs. Syaripudin, M.Si

Drs. Syaripudin, M.Si lahir di Jakarta pada tahun 1973, Syaripudin mengawali karir ASNnya sebagai Staf PNS Pusat Sekretariat Jendral Departemen Dalam Negeri. Putra asli Betawi ini merupakan lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) pada tahun 1994. Pernah menjabat sebagai camat Ciracas Jakarta Timur, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dan Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan, mulai awal tahun 2020 Syaripudin diberikan amanah sebagai orang ke-2 di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, sebagai Wakil Kepala Dinas. Syaripudin menyelesaikan pasca Sarjananya pada jurusan Ilmu Pemerintahan pada tahun 2012.


KEPALA BIDANG PENGENDALIAN DAMPAK LINGKUNGAN

Yusiono A.Supalal, S.Si, MAS

Yusiono A.Supalal, S.Si, MAS menyelesaikan pendidikan S1-nya di Universitas Brawijaya Malang jurusan Biologi, Yusiono A.Supalal, S.Si, MAS atau akrab disapa Pak Yusi, menyelesaikan studi magisternya di Graz University of Technology Austria pada jurusan Environmental Engineering & Management di tahun 2001. Sebagai ASN, Yusiono A.Supalal mengawali karirnya di KPPL DKI Jakarta. Pernah menjabat sebagai Kasubid Pengendalian Pencemaran Udara dan Kepala Bidang Penegakan Hukum BPLHD, Yusiono A.Supalal menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup sebelum dilantik menjadi Kepala Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta pada bulan November 2019.


KEPALA BIDANG PENGAWASAN DAN PENAATAN HUKUM

Dedy Setiono, SH, M.Kn

Dedy Setiono, SH, M.Kn kepala Bidang Pengawasan dan Penaatan Hukum yang menjabat sejak bulan November 2019 ini merupakan putra kelahiran Jakarta tahun 1980. Menyelesaikan pendidikan Strata 1 nya di Fakultas Hukum Universitas Pancasila, Dedy Setiono melanjutkan pendidikan pasca sarjananya di Universitas Indonesia dengan tetap mendalami ilmu hukum. Dedy Setiono yang menyelesaikan studi pasca sarjananya pada pada tahun 2007, mengawali karir ASN nya sebagai staf tata usaha di Dinas Kebersihan. Sebelum menjadi Kepala Bidang Pengawasan dan Penaatan Hukum Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Dedy Setiono menjabat sebagai Kepala Seksi Pengadaan Bidang Sarana dan Prasarana.


KEPALA BIDANG PRASARANA DAN SARANA

Eko Gumelar S, ST, M.SE

Eko Gumelar S, ST, M.SE mengawali karir ASN sebagai staf di Departemen Kesehatan pada tahun 2001. Selanjutnya beberapa kali berpindah posisi. Pernah bergabung di Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah, menjabat Lurah Rawamangun, dan berikutnya berpindah ke Dinas Tata Air sebelum akhirnya menjadi Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Memiliki latar belakang S1 Teknik Lingkungan, Eko Gumelar menyelesaikan pasca Sarjananya di Universitas Indonesia pada tahun 2006.


KEPALA BIDANG PERAN SERTA MASYARAKAT

Agung Pujo Winarko, S.Si, M.Sil

Agung Pujo Winarko, S.Si, M.Sil ahir di Jakarta pada tanggal 23 Oktober 1982, Agung Pujo menyelesaikan pendidikan magisternya di Universitas Indonesia pada jurusan Kajian Pengembangan Perkotaan, setelah sebelumnya pada jenjang Strata 1 mengambil jurusan Geografi Perencanaan Pengembangan Wilayah di Universitas Gajah Mada. Awal karir ASN Agung Pujo sebagai CPNS di Dinas Tata Ruang. Selanjutnya, peraih Peringkat I PNS Berprestasi DKI Jakarta tahun 2019 ini, pernah berkarir di Dinas Bina Marga, dan terakhir di Dinas Lingkungan Hidup. Sebelum menjabat sebagai Kepala Peran Serta Masyarakat, Agung Pujo menjabat sebagai kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan.


KEPALA UNIT PENGELOLA SAMPAH TERPADU

Asep Kuswanto, SE, M.Si

Asep Kuswanto, SE, M.Si merupakan jebolan pasca sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta tahun 2002 pada jurusan Ekonomi Pembangunan. Asep yang merupakan putra kelahiran Jakarta pada tahun 1973 ini mengawali karir ASNnya di Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta pada tahun 1998, dan sejak tahun 2015 menjabat Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu di Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta dan saat lanjut saat peleburan 2 SKPD menjadi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2017.


KEPALA UPK BADAN AIR

Yayat Supriatna, SP, MPD

Yayat Supriatna, SP, MPD mengawali karirnya di Dinas Pertanian Provinsi DKI Jakarta, H. Yayat Supriatna, SP, MPd menjabat sebagai Kepala Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air pada tahun 2018. Lahir di Tasikmalaya pada tahun 1964, H. Yayat menyelesaikan pendidikan strata dua nya pada jurusan Pendidikan Matematika di Jakarta. Sebelum mencapai posisinya yang sekarang H. Yayat menjabat sebagai Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat dan Penegakan Hukum Sudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan.


KEPALA UPT LAB LINGKUNGAN HIDUP

Ir. Diah Ratna Ambarwati, M.Si

Ir. Diah Ratna Ambarwati, M.Si atau biasa dipanggil Ibu Ambar merupakan Kepala Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2014. Lahir di Palembang pada tahun 1966, Diah Ratna menyelesaikan magisternya di Universitas Indonesia pada tahun 2005. Sebelum menjadi Kepla UPT LLHD, Diah Ratna pernah menjabat beberapa posisi di Badan Pengelola Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, diantaranya sebagai Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran.


Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Administasi Kepulauan Seribu Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta

Ir. H. Djoko Rianto Budi Hartono, M.Si

Ir. H. Djoko Rianto Budi Hartono, M.Si lahir di Boyolali pada 9 Maret 1963, Ir. H. Djoko Rianto Budi Hartono, M.Si saat ini menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Djoko Rianto menyelesaikan pendidikan pasca sarjananya di Universitas Indonesia pada tahun 2003 dengan mengambil jurusan Administrasi Negara. Mengawali karir PNS sebagai staf Dinas Pertanian, Djoko Rianto beberapa kali berpindah SKPD. Tahun 2015 menjabat sebagai Kasudin Kelautan Pertanian & Ketahanan, dan terakhir menjabat sebagai Kepala Bidang Peran Serta Masyarakat sebelum menjadi Kasudin LH Kepulauan Seribu.


KEPALA SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKARTA SELATAN

Mohamad Amin, S.Si, MM

Mohamad Amin, S.Si, MM lahir sebagai putra daerah Betawi, Mohamad Amin, S.Si, MM saat ini menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Menyelesaikan pendidikan srtata satu pada jurusan Biologi dan pasca sarjananya pada jurusan Manajemen, kelahiran 20 Desember 1969 ini pernah menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran.


KEPALA SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKARTA BARAT

Slamet Riyadi, S.Sos, M.Si

Slamet Riyadi, S.Sos, M.Si lahir di Jakarta pada tahun 1971, Slamet Riyadi, S.Sos, M.Si saat ini menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat pada awal tahun 2020. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara sejak tahun 2017. Mantan Lurah Grogol dan Camat Kembangan ini merupakan lulusan IPDN tahun 1993 dan melanjutkan pasca sarjananya di jurusan Administrasi Publik.


KEPALA SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKARTA UTARA

Drs. Achmad Hariadi, M.Si

Drs. Achmad Hariadi, M.Si lahir di Jakarta pada tanggal 29 April 1971, Drs. Achmad Hariadi, M.Si menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara pada awal tahun 2020, setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta. Achmad Hariadi yang menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 nya di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN, mengawali karirnya di Kantor Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Pernah menjabat sebagai Lurah Sunter dan Camat Pulo Gadung, Achmad Hariadi, saat ini diberi kepercayaan untuk mengelola lingkungan wilayah Jakarta Utara.


KEPALA SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKARTA PUSAT

Drs. Marsigit, M.Si

Drs. Marsigit, M.Si yang lahir di Jakarta pada tahun 1967, menjabat Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat sejak 2017. Marsigit menyelesaikan pendidikan magisternya di Universitas Indonesia pada tahun 2001. Jejak karirnya berawal dari tahun 1993 di Walikotamadya Jakarta Pusat, berlanjut menjadi Lurah, Sekretaris Camat dan terakhir menjadi Camat Sawah Besar sebelum menjadi Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat.


KEPALA SUDIN LINGKUNGAN HIDUP JAKARTA TIMUR

Herwansyah SKM, M.Si

Herwansyah SKM, M.Si menjabat sebagai Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur sejak bulan September 2019. Herwansyah yang merupakan putra kelahiran Lampung ini mengawali karirnya sebagai ASN Provinsi DKI Jakarta sebagai Staf Seksi Penyehatan Lingkungan Dan Kesehatan Kerja Sudin Kesmas Kodya Jakarta Timur. Pernah menjabat Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Administrasi Jakarta Selatan, Herwansyah menyelesaikan pendidikan strata duanya di Universitas Krisna Dwipayana pada tahun 2010.