Bidang, Suku Dinas dan UPT
Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta


Bidang Tata Lingkungan dan Kebersihan

Bidang Tata Lingkungan dan Kebersihan merupakan unit kerja lini Dinas yang mempunyai tugas melaksanakan penataan lingkungan dan kebersihan. Bidang Pengelolaan Kebersihan Bidang Pengelolaan Kebersihan merupakan Unit Kerja lini Dinas Lingkungan Hidup dalam upaya pengelolaan sampah, pengelolaan limbah B3 dan pengendalian kebersihan. Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan merupakan Unit Kerja lini Dinas Lingkungan Hidup dalam pelaksanaan upaya pengendalian dampak lingkungan.


Bidang Pengawasan dan Penataan Hukum

Bidang Pengawasan dan Penaatan Hukum merupakan Unit Iini Dinas Lingkungan Hidup dalam penanganan pengaduan dan penyelesaian sengketa, pengawasan lingkungan dan kebersihan serta penegakan hukum.


Bidang Prasarana dan Sarana

Bidang Prasarana dan Sarana merupakan Unit Kerja lini Dinas Lingkungan Hidup dalam pengadaan, penyimpanan dan penyaluran serta pemeliharaan prasarana dan sarana.


Bidang Peran Serta Masyarakat

Bidang Peran Serta Masyarakat merupakan Unit Kerja lini Dinas Lingkungan Hidup untuk pengembangan peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan dan kebersihan.


Sudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi

Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi merupakan Unit Kerja Dinas Lingkungan Hidup pada Kota Administrasi.Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi mempunyai tugas melaksanakan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta pengelolaan kebersihan, pengawasan dan pengendalian dampak lingkungan dan kebersihan, pengelolaan kebersihan dan limbah 33, peran serta masyarakat dan penaatan hukum, serta prasarana dan sarana lingkungan dan kebersihan di Kota Administrasi.

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta membawahi 5 (lima) wilayah Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi dan Kabupaten Administrasi, yang meliputi:

  1. Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat.
  1. Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara.
  1. Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat.
  1. Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur.
  1. Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Selatan.
  1. Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Pulau Seribu.

Unit Pengelola Sampah Terpadu

Unit Pengelola Sampah Terpadu merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Lingkungan Hidup dalam pelaksanaan pengolahan sampah terpadu. Unit Pengelola Sampah Terpadu dipimpin oleh seorang Kepala Unit yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

UPK Badan Air

Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Lingkungan Hidup dalam pelaksanaan penanganan Kebersihan Badan Air. Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air dipimpin oleh seorang Kepala Unit yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

UPT Laboratorium Lingkungan Hidup

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta (DLH) mempunyai Unit Pelaksana Teknis untuk melaksanakan fungsi pelayanan langsung kepada masyarakat atau untuk melaksanakan fungsi pendukung terhadap tugas dan fungsi Dinas. Salah satu fungsi pelayanan tersebut antara lain melaksanakan pengambilan contoh uji, pengujian dan analisis lingkungan secara laboratoris.Tugas-tugas tersebut dijalankan oleh salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah DLH yaitu UPT Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah (LLHD) yang beralamat di Jl. Casablanca Kav. 1, Kuningan, Jakarta Selatan



>