KSBB PERSAMPAHAN DKI JAKARTA

Jakarta, 17 Mei 2023, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta melakukan kegiatan Sharing Session dan Talkshow Forum Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Lingkungan Hidup Klaster Persampahan bersama dengan World Wildlife Fund (WWF) di Salihara Arts Center, Jakarta Selatan.

Forum KSBB Lingkungan Hidup merupakan wadah bagi stakeholder untuk saling berkolaborasi, saling membantu, berbagi cerita, dan menebar semangat dalam pengelolaan lingkungan di DKI Jakarta yang awalnya dideklarasikan pada 2 Maret 2021 sebagai KSBB Persampahan.

Seperti yang sudah kita ketahui, isu persampahan masih menjadi salah satu isu prioritas yang belum terpecahkan. Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencapai target pengurangan sampah.

Pemerintah daerah terus berupaya untuk menciptakan tata kelola sampah yang baik melalui kebijakan, program strategis, sosialisasi ke berbagai lapisan masyarakat, serta bersinergi baik dengan berbagai stakeholder.

Berdasarkan data dari platform KSBB Persampahan, sampai dengan saat ini sudah ada 23 kolaborator yang terdaftar pada platform KSBB membantu Bank Sampah dan BPSRW, dengan 264 bantuan, serta total nilai bantuan lebih dari 3 miliar rupiah lebih. Jika ditambahankan dengan kolaborator dari jenis kerjasama lainnya maka jumlahnya lebih banyak lagi.

Mengingat permasalahan lingkungan luas dan kompleks maka Dinas Lingkungan Hidup memperluas ranah kolaborasi ini dan membentuk Forum Kolaborasi KSBB Lingkungan Hidup. Dengan demikian masalah lingkungan bisa diselesaikan secara komprehensif melalui aksi kolaboratif. Forum KSBB Lingkungan Hidup dibentuk berdasarkan SK Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta No e-0064 Tahun 2022 tentang pembentukkan Forum Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Lingkungan Hidup.

Forum KSBB Lingkungan Hidup terbagi menjadi 3 klaster yaitu Klaster Persampahan, Klaster Perubahan Iklim serta Klaster Udara dan Air. Tujuan dibentuknya forum ini adalah untuk memberikan masukan kepada pemerintah dalam hal pengelolaan lingkungan hidup, mendukung rencana kerja pemerintah dengan aksi mandiri maupun kolaboratif, serta mengajak peran serta berbagai stakeholder untuk berpartisipasi dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Kegiatan di Salihara Art Centers ini bertujuan agar pergerakan kolaborasi ini terarah dan tepat sasaran, sehingga perlu ditetapkan program dan rencana aksi setiap klaster forum KSBB Lingkungan Hidup. Setiap anggota forum menentukan peran sertanya dalam program bersama klaster persampahan dengan tetap mengacu pada strategi dan arah kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Program bersama yang potensial untuk dikolaborasikan pada sektor persampahan adalah program peningkatan TPS menjadi TPS 3R, bank sampah, Biokonversi BSF, BPS RW, serta ide program potensial lainnya.

Rencana aksi yang dihasilkan akan dijadikan dokumen sebagai pegangan untuk bergerak bersama dalam percepatan pengurangan sampah dan peningkatan kualitas pengelolaan sampah di DKI Jakarta.