Pencanangan HUT Ke-496 Kota Jakarta, Pj. Gubernur Heru Dorong Upaya Jaga Ekosistem dan Lingkungan

Jakarta Pusat - Pemprov DKI Jakarta menggelar Pencanangan HUT ke-496 Kota Jakarta sebagai penanda dimulainya rangkaian acara memperingati hari ulang tahun kota ini. Pencanangan HUT ke-496 Kota Jakarta dipimpin oleh Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan dihadiri oleh jajaran Pemprov DKI Jakarta, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta, serta anggota DPD RI perwakilan DKI Jakarta Sylviana Murni, di Silang Utara Monas, Gambir, Jakarta Pusat, pada Minggu (21/5).

Pencanangan HUT ke-496 Kota Jakarta dilaksanakan secara simbolis dengan penanaman belasan pohon cempaka dan pelepasan 496 burung, bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta Kementerian Kehutanan RI dan sejumlah lembaga/komunitas di bidang lingkungan hidup. Adapun tema yang diusung dalam perayaan HUT ke-496 Kota Jakarta yaitu ‘Jadi Karya Untuk Nusantara’, memiliki makna bahwa Jakarta siap mengoptimalkan seluruh sumber dayanya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan, sekaligus menjadi barometer serta pemantik kemajuan bagi daerah-daerah lain di Indonesia.

Pj. Gubernur Heru mengapresiasi pelaksanaan kegiatan perancangan tersebut yang melambangkan kedekatan dengan alam, serta menunjukkan kepedulian DKI Jakarta terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem.

"Menggunakan simbol-simbol alam untuk sebuah acara artinya terbuka. Artinya, Pemda (DKI) adalah terbuka untuk seluruh masyarakat Jakarta, maupun seluruh masyarakat Indonesia, termasuk juga pejabatnya, terbuka terhadap keluhan masyarakat," ujar Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru juga menjelaskan bahwa keberlangsungan Jakarta dengan bertambahnya usia kota tersebut, selain memajukan pembangunan manusia dan infrastruktur, juga harus diseimbangkan dengan pemeliharaan ekosistem dan lingkungan.

"Kita harus akrab dengan alam semesta, maka ini memang patut kita lindungi. Lalu, kita manusia tidak lepas dari ekosistem. Seperti yang saya sampaikan tadi, kita menanam pohon untuk menjaga kelangsungan sebuah kehidupan. Lalu, hari ini kita melepas 496 burung. Ini memiliki makna yang dalam yang ada di lingkungan kita," tambah Pj. Gubernur Heru

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Heru turut mengimbau seluruh lapisan masyarakat Jakarta untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam menjaga kota, sehingga terus maju dan berkembang sebagai kota global yang menjadi karya Nusantara.

"Kita wajib melestarikan alam yang hari-hari berikutnya penuh dengan perubahan iklim, di mana pemerintah daerah harus akrab dengan perubahan iklim. Maka, hari ini saya menyampaikan kepada seluruh pejabat DKI serta warga, makna itu harus kita camkan di jiwa kita dan di tubuh kita," pungkas Pj. Gubernur Heru