Aksi Pemadaman Lampu Guna Mengurangi Emisi Karbon 160 Ton CO2

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Kembali menggelar aksi pemadaman lampu selama satu jam dalam rangka aksi hemat energi dan pengurangan emisi karbon pada hari Sabtu (10/6). Aksi pemadaman lampu ini dilakukan di beberapa lokasi, seperti fasilitas publik, Gedung dan perkantoran Pemerintah yang dilakukan mulai pukul 20.30 WIB sampai 21.30 WIB.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Instruksi Kadis No. 28 tahun 2023 tentang pelaksanaan pemadaman lampu dalam rangka aksi hemat energi dan pengurangan emisi karbon tahun 2023. Menurut Asep Kuswanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, pemadaman listrik selama satu jam berhasil menghemat energi listrik sebesar 114 MWh dan mengurangi emisi karbon sebesar 160, 17 Ton CO2.

“Penghematan material dari pemadaman kemarin sebesar Rp 164. 222.602” ujar Asep, Minggu (11/6).

Menurut Asep, pelaksanaan kegiatan pemadaman listrik tersebut bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, HUT Kota Jakarta Ke-496, serta sebagai implementasi Ingub Nomor 14 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pemadaman Lampu Dalam Rangka Aksi Penghematan Energi dan Pengurangan Emisi Karbon. Seluruh Gedung Pemerintah, jalan raya utama, dan sejumlah ikon Kota Jakarta akan dimatikan lampunya sebagai bagian dari kampanye untuk mendorong masyarakat menggunakan lebih sedikit listrik dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

“Pemadaman lampu di Gedung pemerintahan milik Pemprov DKI Jakarta dikecualikan Fasilitas kesehatan yang meliputi puskesmas, rumah sakit, dan klinik” tambah Asep.