DKI Jakarta Menerima Penghargaan Green Leadership "NIRWASITA TANTRA 2020" Peringkat 1 Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Selamat Kepada Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Bapak Ariza Patria sebagai Peringkat Satu Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Provinsi.

Prinsip pembangunan yang lestari menjadi kunci perbaikan kualitas lingkungan di Jakarta. Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi untuk mempromosikan Jakarta sebagai kota lestari yang inklusif. Ketersediaan data dan informasi lingkungan yang terbuka bagi seluruh pihak diperlukan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Jakarta mengikuti penilaian Nirwasita Tantra (Green Leadership) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang didasarkan atas penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang memuat status lingkungan hidup Provinsi DKI Jakarta sebagai sarana penyediaan data dan informasi lingkungan hidup. DIKPLHD disusun setiap tahunnya secara akuntabel dan dipublikasikan secara luas kepada masyarakat.

Penghargaan Nirwasita Tantra diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinan dan pemahamannya terhadap isu lingkungan, respon terhadap kebijakan dan aksinya menjawab persoalan lingkungan hidup, serta inovasinya dan kepemimpinannya dalam merespon persoalan lingkungan hidup.

Selain itu, penghargaan ini juga diberikan kepada DPRD yang memiliki komitmen menjaga lingkungan hidup dan memberi respon melalui pengawasan anggaran dan dukungan politik dalam penyelesaian persoalan lingkungan hidup, pengelolaan sumber daya alam, dan inovasi politik sesuai kewenangannya.

Poin penting lain dalam penilainnya adalah inovasi Jakarta dalam pengelolaan lingkungan hidup yang dilakukan sebagai inisiatif dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup pada tahun 2019 dalam bentuk peningkatan kapasitas lembaga daerah dan berbagai inovasi yang dikembangkan oleh masyarakat.

Melalui Nirwasita Tantra ini, diharapkan KLHK dapat mendukung kebijakan dan langkah pemerintah daerah dalam mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan sehat bagi seluruh warga.